Surau Al Baraqah Kutianyie Lipek Pageh Resmi Dibangun

Abadikini.com, SOLOK – puluhan orang berkumpul di atas tanah milik kaum suku Kutianyie Jorong Lipek Pageh Nagari Sungai Nanam Kecamatan Lembah Gumanti. Mereka berduyun-duyun kesana untuk memulai pekerjaan, membangun Surah Al Baraqah Kutianyie Lipek Pageh yang dirancang sejak Februari 2022.

Selain Bapak-Bapak, tampak kaum ibu juga ikut bergotong royong disana. Mereka memasak dan menyediakan hidangan bagi peserta gotong royong yang hadir dari berbagai tempat. Sajian khas Lipek Pageh dihidangkan, disantap beramai-ramai.

Ketua Pembangunan Surau Al Baraqah, Tasril Mandaro Sutan mengucapkan syukur atas dimulainya pembangunan surau itu. Menurutnya, cita-cita membangun rumah ibadah itu sudah lama terpendam, tetapi belum dapat terwujud karena terbentur biaya.

Dahulu, kata Tasril, tepat dilokasi pembangunan Surau Al Baraqah ini berdiri pula sebuah surau. Tetapi, surau itu sudah lapuk dimakan usia hingga harus dibongkar dan lahannya jadi areal pertanian, dijadikan kebun.

“Kami bahagia pembangunan Surau Al Baraqah Kutianyie Lipek Pageh bisa terwujud. Sebab, selain untuk beribadah, kelak surau ini juga menjadi tempat pembinaan generasi muda,” ungkap Tasril Mandaro Sutan, Ahad (28/8/2022).

Sementara itu, Salmanir Dt. Bandaro selaku Ketua Dewan Pembina sekaligus Ketua Umum Ikatan Keluarga Kenagarian Sungai Nanam (IKKSN) yang dihubungi lewat telepon mengatakan surau yang dibangun itu nantinya dapat pula dimanfaatkan bagi masyarakat dengan sebaik-baiknya. Selain untuk beribadah, kata dia, surau ini bisa dibuat menjadi tempat berhimpun dan menyatukan anak kamanakan.

“Kita rencanakan surau ini bertingkat dua. Lantai satu untuk ibadah, lantai dua untuk kegiatan keagamaan seperti tahfidz qur’an dan kepentingan pendidikan Islam lainnya,”terang S. Dt. Bandaro.

Selain itu, Ketua Pembangunan Surau Al Baraqah Kutianyie Lipek Pageh, Wal Efendi Sutan Kayo didampingi Al Masra Pono Kayo, masing-masing selaku Ketua Tukang dan Bendahara Pembangunan mengatakan pembangunan surau diatas lahan seluas 8x8m² ini sudah dimulai sejak awal tahun, tahapan yang dilalui kata dia diantaranya rapat pembentukan panita pembangunan, pembuatan master plan (desaign surau,-red), dan kontruksi bangunan, penyiapan lahan hingga membuat kotak infak yang sudah disebar diberbagai tempat, termasuk di perantauan.

“Kami sebarkan (kotak infak,-red) itu di kedai-kedai milik warga asal Sungai Nanam, Salimpat dan Hiliran Gumanti se-jabodetabek, termasuk di kampung,”kata Wal Efendi St. Kayo.

Dia menambahkan, untuk menyelesaikan pembangunan surau ini diperlukan biaya lebih dari Rp500 Juta. Dan dia berharap, banyak warga yang berniat untuk membantu, baik moril maupun materil.

Salah satu tokoh masyarakat setempat, Masriwal Malin Bagindo yang turut terlibat dalam pembangunan menceritakan kisah awal berdirinya Surau Al Baraqah Kutianyie Lipek Pageh ini. Kata dia, pembangunan itu dilaksanakan berdasar wasiat ibunda S. Dt. Bandaro, yaitu Almarhumah Cinto Lani. Kata dia, ketika masih hidup, anak-anak almarhumah kerap mengirimkan uang kepada beliau dan beliau simpan sampai Rp45 Juta. Jelang Kematian, beliau berpesan agar uang itu digunakan untuk membangun Surah Al Baraqah Kutianyie Lipek Pageh ini. “Besan beliau (Almarhumah Cinto Lani,-red) ketika itu, apabila surau ini dibangun hendaknya digunakan untuk beribadah dan tempat menyatukan anak kamanakan,”ungkap Masriwal mengenang perkataan almarhum.

Ditempat terpisah, Ir. H. Mustafa dan Ir. Abditaria selaku mamak kutianyie dan penasehat pembangunan selalu mengatakan harapannya supaya kelak surau yang dibangun itu dapat pula digunakan untuk berbagai kegiatan sosial masyarakat, antara lain; tempat berzakat, lembaga pendidikan, tempat penyelenggaraan pernikahan, lokasi berqurban, tempat penyelenggaraan jenazah dan sebagainya.

“Kita berharap, surau ini juga dapat dilengkapi dengan perpustakaan, koperasi dan toko,”terang Ir. H. Mustafa.

Diakhir pembicaraan Abadikini.com dengan Panitia Pembangunan Surau Al Baraqah Kutianyie Lipek Pageh Nagari Sungai Nanam itu, panita pembangunan mengajak semua pihak untuk dapat berkontribusi membangun Surau tersebut, baik materil maupun moril. Untuk bantuan buat pembangunan surau dapat dikirimkan ke Rekening BCA milik Salmanir Dt. Bandaro, Nomor Rekening: 5681062387.

Adapun lokasi surau ini berada di Kutianyie Jorong Lipek Pageh Nagari Sungai Nanam Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker