Rusia Mata-matai Tentara Ukraina Terima Pelatihan Militer di Jerman

Abadikini.com, BERLIN – Pasukan keamanan Jerman memiliki sejumlah “indikasi” bahwa dinas rahasia Rusia memata-matai tentara Ukraina yang berada di Jerman untuk menerima pelatihan senjata Barat, seperti laporan majalah Spiegel, Jerman, Jumat (26/8/2022).

Pasukan militer Jerman memantau kendaraan mencurigakan di luar dua lokasi tempat rekrutan Ukraina sedang melaksanakan pelatihan militer.

Aparat keamanan Jerman juga memantau drone berukuran kecil yang digunakan untuk terbang di atas lokasi pelatihan sebelum menghilang dengan cepat, kata Spiegel, tanpa mengutip sumbernya.

Dua lokasi yang terkena dampak adalah Idar-Oberstein di negara bagian barat Rhineland Palatinate – tempat tentara Ukraina dilatih menggunakan tank howitzer 2000, dan Grafenwoehr di Bavaria, tempat tentara Amerika Serikat (AS) mengajar Ukraina menggunakan sistem artileri Barat.

Sumber keamanan Jerman juga percaya bahwa agen-agen intelijen Rusia menggunakan pemindai dalam upaya untuk mengakses data ponsel tentara Ukraina yang sedang berlatih di Jerman, kata majalah itu.

Jerman telah mengadili beberapa tersangka karena dianggap menjadi menjadi mata-mata untuk Rusia.

Tahun lalu, sebuah pengadilan Jerman menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup kepada seorang pria Rusia karena menembak mati seorang mantan komandan Chechnya di sebuah taman Berlin di siang bolong, menurut jaksa pembunuhan yang diperintahkan Moskow.

Seorang pria Jerman saat ini diadili karena diduga memberikan informasi kepada dinas intelijen Rusia saat bekerja sebagai perwira cadangan untuk tentara Jerman.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker