Jokowi Lebih Tau Siapa Pengganti Gubernur DKI Anies Baswedan

Abadikini.com, JAKARTA – Masa jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta menyisakan waktu kurang dari dua bulan. Jabatan yang saat ini diisi oleh Anies Baswedan dan Ahmad Riza Patria akan selesai tepat pada 16 Oktober 2022 mendatang.

Untuk itu, sebelum adanya pemilihan Kepala Daerah serentak pada 2024, posisi Gubernur akan diisi Penjabat (pj) Gubernur yang akan memimpin Jakarta selama dua tahun berikutnya.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengatakan masih belum tahu siapa yang akan menggantikan posisinya. Sebab, hal tersebut merupakan kewenangan dari Pemerintah Pusat.

“Yang cocok menggantikan Pak Anies-Ariza dalam Pj Gubernur itu Pak Jokowi yang lebih tau,” kata Ariza kepada wartawan di Hotel Grand Cempaka, Sabtu (28/8/2022).

Ia menjelaskan, Kementerian Dalam Negeri juga mempunyai wewenang untuk mementukan hal tersebut. Ariza, sapaan akrabnya, mengatakan kedua orang tersbeut yang memahami kompleksitas permasalahan di DKI Jakarta.

“Kewenangannya beliau (Presiden) bersama Pak Tito Karnavian dan juga beliau lebih tau siapa yang dianggap memahami kompleksitas permasalahan di DKI Jakarta,” ujarnya.

Selain itu, Pj Gubernur DKI Jakarta perlu memiliki kemampuan leadership dan manajemen yang baik serta bisa diterima oleh semua partai.

“Gubernur yang diterima oleh semua kelompok masyarakat yang sangat plural yang bisa bekerja sama dengan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah lain dan sebagainya itu Pak Jokowi yang paling tau,” tegas Ariza.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker