Wamenaker Afriansyah Noor Bahas Peluang Kerja Milenial Jambi di Dalam dan Luar Negeri

Abadikini.com, JAMBI – Wakil Menteri Ketenagakerjaan RI, Afriansyah Noor membahas peluang kerja di dalam dan luar negeri yang bisa didapatkan oleh para milenial di Jambi.

“Kita boleh fokus kerja di dalam negeri, tapi kita juga bisa kerja ke luar negeri. Daya serap di luar negeri luar biasa, gajinya juga besar asal berangkat sesuai prosedur,” kata Wamenaker Afriansyah saat menjadi pembicara pada seminar nasional di Jambi, Rabu (24/8/2022).

Saat ini,  Kementerian Ketenagakerjaan fokus pada Pekerja Migran Indonesia (PMI). Pekerjaan di luar negeri, kata dia tidak hanya mengenai pekerjaan sektor informal seperti pembantu rumah tangga, sehingga pemerintah Indonesia sedang mengupayakan keterampilan yang mumpuni bagi milenial.

“Bagaimana milenial punya skill di bidang masing-masing ada teknik mesin, perhotelan, mode dan lainnya,” katanya menambahkan.

Di depan ratusan milenial Jambi, Sekjen Partai Bulan Bintang itu mengatakan bahwa negara luar fokus pada tenaga kerja yang memiliki skill seperti Korea, Jepang, Taiwan, Cina, Timur Tengah maupun Malaysia membutuhkan tenaga kerja yang terampil dan punya keahlian.

Salah satu program kerja untuk menciptakan anak muda yang memiliki keterampilan tersebut dilakukan melalui Tranformasi Balai Latihan Kerja (BLK).

“Kalau punya potensi nanti akan kita mencocokkan penempatan kerja di luar negeri atau dalam negeri,” terangnya, seperti dikutip dari Antara.

Selain itu, Wamen menerangkan untuk tahun 2023, Presiden RI Joko Widodo telah menganggarkan lebih besar untuk pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

Menurutnya, kekuatan ekonomi rakyat itu didapat bukan saja dari Sumber Daya Alam( SDA) namun bagaimana pemerintah menciptakan tenaga profesional yang siap pakai dan terserap di semua perusahaan untuk mendapatkan income perkapita.

Wamen juga mendorong penguatan keberadaan BLK bagi milenial di Jambi serta peningkatan kepedulian pemerintah daerah untuk menggunakan BLK sebagai upaya peningkatan keterampilan anak muda.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker