Putin Soroti Sambo

Abadikini.com, JAKARTA – Presiden Rusia Vladimir Putin pernah memberikan perhatian penuh dan berjuang untuk mengenalkan Sambo kepada dunia.

Sambo yang dimaksud adalah bela diri khas Rusia. Sambo sempat mendapat perhatian besar oleh Putin terlebih bela diri itu masuk ke dalam MMA dan kategori Olimpiade.

Putin dikenal senang berolahraga dan jago dalam hal bela diri. Ia memegang sabuk hitam karate, bisa aikido, hingga sambo.

Mengutip beberapa sumber, sambo berasal dari kata SAMooborona Bez Oruzhiya yang memiliki arti bela diri tanpa senjata. Bisa dikatakan sambo adalah pertarungan bebas dan gulat.

Vladimir Putin pernah berjuang untuk mengenalkan sambo kepada dunia dan ingin seni bela diri itu masuk ke dalam olimpiade.

“Mudah-mudahan suatu hari nanti Sambo akan masuk ke Olimpiade. Olahraga ini telah melintasi Rusia dan digemari banyak atlet di dunia,” jelasnya seperti dilansir dari¬†sambo.sport.

“Ini adalah jenis olahraga yang benar-benar indah dan dinamis yang mengkooptasi banyak olahraga tempur,” lanjutnya.

Sejak 2009, Rusia sudah meminta untuk memasukkan sambo ke dalam olimpiade. Saking tidak sabarnya, Putih sampai terus mendesak pihak olimpiade untuk masuk jadi nomor kompetisi.

Hingga akhirnya pada 2018 pihak International Olympic Committee (IOC) alias panitia Olimpiade mengabulkan hal tersebut dan memasukkan sambo ke dalam kategori olahraga.

Sambo sendiri sudah familiar di dunia MMA. Para petarung Rusia menggunakan sambo di ajang tarung bebas terutama Khabib Nurmagomedov yang menggunakan teknik sambo di UFC.

Kini sambo sudah jadi ajang olahraga. Para tentara dan polisi Rusia masih menjadikannya sebagai jurus untuk mengalahkan musuh.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker