UGM Akan Gandeng Alumni Gelar Ujian Mandiri di Berbagai Daerah

Abadikini.com, MEDAN Р Universitas Gadja Mada (UGM) Yogyakarta berencana menggelar ujian tulis (Utul) atau ujian mandiri (UM) di berbagai daerah di Tanah Air dengan melibatkan peran alumni kampus itu mulai 2023.

“Dengan pelaksanaan ujian mandiri di daerah, misal 3T akan memberikan peluang bagi anak-anak di daerah untuk masuk UGM,” kata Rektor UGM Prof Ova Emilia dalam acara “UGM Menyapa Alumni di Sumatera Utara” di Medan, Rabu (3/8/2022) malam.

Sebagai universitas milik bangsa, menurut Ova, UGM perlu menjaring generasi muda potensial di berbagai daerah secara merata.

Ujian mandiri UGM di berbagai daerah yang ditargetkan dimulai tahun depan itu, menurut Ova, bakal menyesuaikan dengan kesiapan masing-masing daerah.

Tes ujian masuk UGM akan rencananya bakal berlangsung di beberapa tempat di Pulau Jawa maupun luar Pulau Jawa, termasuk di Medan melalui kerja sama dengan Keluarga Alumni Gadjah Mada (Kagama) di daerah.

“Misalnya di Sumatera, mungkin akan ada beberapa tempat sehingga mudah diakses para calon mahasiswa. Saya kira ini akan mendekatkan mereka dengan UGM,” kata dia.

Wakil Ketua IV Pengda Kagama Sumatera Utara Dwi Purwanti berharap dengan pelaksanaan ujian mandiri UGM di Medan seperti beberapa tahun sebelum pandemi persoalan yang menghambat semangat putra-putri daerah Sumatera Utara untuk kuliah di UGM karena persoalan tempat atau jarak yang jauh dalam pelaksanaan ujian di Yogyakarta bisa terkikis.

“Ada potensi besar anak-anak Sumatera Utara kuliah di UGM tapi jarak yang jauh menggugurkan semangat kuliah di UGM sehingga banyak yang memilih untuk kuliah di Sumatera Utara,” ujar Dwi Purwanti.

Apabila tes masuk UGM dengan pola seperti itu dapat direalisasikan, ia meyakini bakal mampu membuka peluang yang lebih besar bagi putera daerah untuk berkuliah di UGM.

“Sehingga energi dan spirit UGM dapat ditularkan di Sumatera Utara,” ujar dia.

Dwi Purwanti menambahkan bahwa di Sumatera Utara hingga kini tercatat sebanyak 1.200 alumni UGM yang tersebar di 33 kabupaten/kota yang berkarya diberbagai sektor.

“Para alumni di Sumatera Utara terus berupaya mengUsung falsafah UGM untuk selalu guyub, rukun, dan migunani bagi masyarakat, daerah, bangsa, dan negara,” ujar dia. (Antara)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker