KPU Sebut 16 Parpol Datanya Sudah 100 Persen Terunggah di SIPOL

Abadikini.com, JAKARTA – Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU, Idham Holik, menyatakan saat ini sudah ada 16 partai politik yang datanya telah terunggah 100% di aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL). Hal ini diketahui berdasarkan laporan harian dari tim Pusdatin KPU.

“Jadi laporan harian dari tim Pusdatin KPU Republik Indonesia sampai dengan jam 12.51 WIB tadi siang sudah ada 16 partai politik yang 100% mengunggah datanya ke dalam aplikasi SIPOL,” ujar Idham dalam agenda konferensi pers di kantor KPU, Rabu (3/8/2022).

Dari 16 partai tersebut, 8 di antaranya dokumennya telah dinyatakan lengkap. 8 partai tersebut yakni PDIP, Partai Keadilan dan Persatuan (PKP), PKS, Perindo, Partai NasDem, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), serta Partai Garuda.

Meski begitu, Idham masih enggan merinci soal sisa 8 partai lainnya kepada publik. Hal ini dikarenakan data dari 8 partai tersebut belum masuk.

“Karena biasanya submit data dalam aplikasi SIPOL itu jelang pendaftaran. Jadi mohon bersabar, kita tunggu saja nanti pada waktunya akan kami sampaikan kedelapan partai lainnya yang sudah 100% mengunggah data dalam aplikasi SIPOL,” ucap Idham dikutip dari Kumparan.

Hingga saat ini, KPU menyatakan 8 berkas dari 11 berkas parpol yang telah mendaftar sebagai calon peserta Pemilu 2024 lengkap. 7 parpol di antaranya telah mulai memasuki tahapan verifikasi administrasi, sedangkan satu parpol akan diverifikasi besok, Kamis (4/8).

7 parpol tersebut yaitu PDIP, Partai Keadilan dan Persatuan (PKP), PKS, Perindo, Partai NasDem, Partai Bulan Bintang (PBB), serta Partai Kebangkitan Nusantara (PKN). Untuk tahapan selanjutnya yaitu verifikasi administrasi akan dilakukan secara simultan sesuai dengan PKPU Nomor 4 Tahun 2022.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker