Ketua DPR AS ke Taiwan Hindari Laut China Selatan dengan MeLintasi Wilayah Indonesia

Abadikini.com, JAKARTA – Peta penerbangan Flightradar24 menunjukkan bahwa pesawat yang mengangkut Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi ke Taiwan, Selasa (2/8/2022), ternyata memilih menghindari Laut China Selatan. Sehubungan dengan isu kunjungannya ke Taiwan, Beijing meningkatkan aktivitas militer di perairan tersebut.

Penerbangan SPAR19 pun memilih jalur memutar melalui Indonesia. Peta Flightradar24 menunjukkan pesawat Pelosi melintasi Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, serta Manado di Sulawesi Utara.

Pelosi dan rombongan kemudian menuju Taiwan dengan melewati pesisir timur Filipina.

Ketika melintasi Kalimantan dan Sulawesi, penerbangan itu diikuti oleh lebih dari 200.000 orang. Jumlahnya semakin berlipatganda ketika pesawat yang mengangkut Pelosi mendekati wilayah udara Taiwan.

Banyaknya pengunjung buat situsweb Flightradar24 kewalahan. Akses pengunjung yang belum pernah terjadi sebelumnya terkait penerbangan Nancy Pelosi sempat berpengaruh ke layanan Flightradar24. Muatan berlebihan yang menimpa infrastruktur server platform tersebut membuatnya mesti membatasi layanan.

“Tim kami segera memulai upaya menjaga stabilitas layanan kami. Sayangnya, karena volume pengunjung, perlu untuk menyebar fungsionalitas ruang tunggu kami, yang mana membatasi kases ke Flightradar24 bagi non-pelanggan,” demikian keterangan Flightradar24.

Setelah Nancy Pelosi mendarat di Taipei, akses Flightradar24 bagi semua pengunjung dilaporkan pulih dengan cepat.

Flightradar24 pun berjanji akan meningkatkan kapasitas layanan, belajar dari pengalaman tingginya minat publik terhadap penerbangan ketua DPR AS ke Taiwan.

Hanya dalam hitungan jam setelah Pelosi mendarat di Taipei, Komando Palagan Timur Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China dilaporkan langsung menggelar operasi militer di sekitar Taiwan mulai Selasa (2/8) malam.

Sepanjang dalam perjanannya itu tercatat lebih dari 708.000 orang membuntuti penerbangan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi ke Taiwan, Selasa (2/8/2022). Data ini diungkap oleh Flightradar24, layanan pelacakan penerbangan yang berbasis di Swedia.

Pelosi sendiri terbang ke Taipei dari Kuala Lumpur dengan menggunakan pesawat Boeing C-40C Angkatan Udara AS dengan nomor penerbangan SPAR19.

Menurut keterangan Flightradar24, pesawat yang mengangkut pejabat AS itu bertolak dari Kuala Lumpur pada pukul 15.42 sore waktu setempat. Pesawat kemudian mendarat di Bandara Internasional Songshan, Taipei malam waktu setempat atau sekitar pukul 21.50 WIB.

Jumlah pengguna yang melacak penerbangan SPAR19 memecahkan rekor Flightradar24. Sebanyak 708.000 orang yang membuntuti penerbangan Nancy Pelosi menjadi jumlah pelacakan terbanyak sepanjang sejarah layanan tersebut.

Isu kunjungan Pelosi ke Taipei sendiri disorot secara luas oleh media-media internasional sehubungan tensi China-AS soal Taiwan. Sehingga, penerbangannya ke Taipei turut mengundang minat besar.

Beijing menganggap Taiwan sebagai provinsi yang berkhianat dan jika perlu harus dianeksasi secara paksa. Beijing juga telah berulangkali memperingatkan AS bahwa jika Pelosi mengunjungi Taipei, Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China tidak akan tinggal diam.

China mengklaim Taiwan sebagai wilayahnya sesuai prinsip Satu China. Kunjungan pejabat AS sekaliber Pelosi dianggap akan mendorong Taipei berupaya meresmikan kemerdekaan de facto yang selama ini dimiliki.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker