Kemenkes Dukung Optimalisasi Produksi Alkes Dalam Negeri Lewat Penyederhanaan Birokrasi

Abadikini.com, BEKASI – Kementerian Kesehatan terus berupaya mendorong kemandirian industri alat-alat kesehatan dalam negeri dengan memberikan dukungan bagi pelaku industri dalam negeri untuk terus berinovasi dan berkontribusi pada sistem kesehatan di Indonesia.

Wakil Menteri Kesehatan RI dr. Dante Saksono Harbuwono mengunjungi salah satu pabrik pembuatan alat kesehatan PT Fyrom International di Bekasi Jawa Barat, Kamis (28/7). Dalam peninjauan pabrikan ini Wamen Dante menyampaikan apresiasi dan dukungan kepada PT Fyrom International yang telah ikut berkontribusi dalam melakukan transformasi di bidang kesehatan khususnya dalam pembuatan alat kesehatan dalam negeri.

“Kami menyambut baik apa yang sudah dilakukan oleh PT Fyrom International dengan turut melakukan resiliensi ketahanan kesehatan di dalam negeri. Kedepannya akan terus kami dukung. Hanya saja, beberapa hal yang musti kita kuatkan yakni turut menjadikan produk-produk dalam negeri ini bisa menjadi prioritas di dalam penggunaan pelayanan kesehatan di Indonesia serta dapat bersaing dengan produk luar negeri.” ujar Wamen Dante.

Dukungan terhadap industri alat kesehatan dalam negeri merupakan salah satu wujud nyata dari 6 pilar transformasi sistem kesehatan yang saat ini tengah dijalankan Kemenkes yakni transformasi sistem ketahanan kesehatan.

dr. Ole Mulyadi, CEO PT Fyrom International menyampaikan bahwa perusahaan yang berdiri sejak tahun 2010 ini telah berhasil menciptakan satu alat untuk membuka paru-paru bayi (resusitasi) yang hanya ada satu di dunia dan telah lolos uji profesi maupun Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan. Alat ini sudah tersebar di lebih dari 500 puskesmas hingga ke rumah sakit tipe A di 30 provinsi di Indonesia.

Selain itu, pihak PT Fyrom International juga mengharapkan adanya dukungan dari pemerintah khususnya Kementerian Kesehatan untuk bisa melakukan penyederhanaan peraturan sehingga dapat melakukan ekspor atas alat kesehatan buatan anak bangsa.

“Kami akan coba sederhanakan beberapa peraturan yang ada. Kunjungan pada hari ini membuktikan bahwa komitmen kami untuk menumbuhkan industri dalam negeri di bidang kesehatan itu sangat serius. Ini juga kita lakukan di beberapa tempat, yang nantinya akan ditindaklanjuti oleh Ditjen Farmalkes tentang bagaimana sistem birokrasi yang bisa kita sederhanakan sehingga produk-produk ini dapat diproduksi secara maksimal.” tutur Wamen.

Wamen Dante juga menyebutkan, pentingnya membangun kolaborasi dari berbagai pihak. Seperti halnya universitas, pelaku bisnis, dan pemerintah harus saling bekerjasama untuk dapat menyeimbangkan ekosistem tersebut. Kolaborasi ini dapat menciptakan peluang-peluang untuk memperkuat ketahanan sistem kesehatan di Indonesia.

“Semoga karya PT Fyrom International tidak berhenti sampai di sini. Ini merupakan bagian dari produk anak negeri yang bisa menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar, sehingga dapat berkontribusi maksimal untuk memberikan pelayanan terhadap sistem kesehatan di Indonesia.” tutup Wamen.

Sumber Berita
Kemkes

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker