Ketua PPBTPI Jamin Konsumen Memperoleh Benih Yang Berkualitas

Abadikini.com, JAKARTA – Badaruddin Puang Sabang secara aklamasi terpilih menjadi Ketua Umum Perkumpulan Produsen Benih Tanaman Perkebunan Indonesia (PPBTPI) untuk kepengurusan periode 2022-2027.

Mubes PPBTPI juga dibuka oleh Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian Andi Nur Alamsyah didampingi Direktur Perbenihan Saleh Muktar.

Terpilihnya Badaruddin menjadi ketua untuk kali kedua setelah diadakannya musyawarah besar PPBTPI di Hotel RA Premiere Simatupang, Jakarta, pada 26-27 Juli 2022.

Badaruddin mengatakan, pihaknya juga sudah menyiapkan beberapa program. Di antaranya meningkatkan kompetensi anggota PPBTPI dalam mengelola usaha produsen benih.

Lalu, para anggota memiliki sertifikat kompetensi sesuai komoditi yang diproduksi. Selain itu ada pengelolaan potensi dan produksi benih di setiap wilayah.

“Dengan adanya PPBTPI di setiap provinsi ini diharapkan agar terjaminnya ketersediaan benih dalam jumlah yang cukup dan tepat waktu baik untuk kebutuhan pemerintah pusat, pemerintah daerah, maupun kebutuhan swasta serta kebutuhan masyarakat umum,” katanya.

Badaruddin yang juga ketua DPW Partai Bulan Bintang Provinsi Sulawesi Selatan ini mengklaim, benih yang diproduksi oleh anggota PPBTPI adalah benih bermutu, bersertifikat, berlabel dan sudah pasti berkualitas sesuai standar yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Badaruddin juga menegaskan, asosiasi akan mempercepat penerapan standarisasi pembibitan di tingkat anggota.

“Saya jamin konsumen dapat memperoleh benih dengan standar yang sama dari Aceh hingga Papua,” jelas ketua Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Provinsi Sulawesi Selatan itu.

Dia menambahkan, keberadaan bibit perkebunan berkualitas dengan harga terjangkau sangat dibutuhkan pekebun. Pihaknya juga pada 2021 merilis harga bibit tanaman perkebunan.

“Penetapan harga ini dilakukan agar konsumen bisa mendapatkan bahan tanam bermutu dengan harga wajar.  Harga ini sekaligus menjadi acuan untuk menentukan bibit yang ditawarkan secara tidak rasional, apakah terlalu mahal atau terlalu murah sehingga berisiko pada mutu benih yang  tidak layak,” jelasnya.

Adapun harga benih perkebunan untuk 2021 di luar ongkos kirim di antara bibit kopi arabika Rp6.500 per batang siap salur, dan kopi robusta Rp8.500 per batang.

Untuk kakao Rp6.000 per batang untuk benih hibrida dan bibit kakao sambungan dipatok Rp8.500 per batang yang merupakan koreksi dari harga di tahun sebelumnya.

Sedangkan harga bibit karet dipatok Rp8.500 per batang, kelapa dalam unggul nasional dalam polibeg Rp35.000 per batang, lada Rp8.500 per batang dan pala Rp 13.000 per batang. Sementara untuk tebu dipasarkan dengan harga Rp300 per mata. Lalu untuk kelapa sawit dipatok dengan harga Rp40.000 per batang.

“Mengenai harga benih setiap komoditi berbeda-beda dan standar harga pada 2021 masih berlaku. Kemungkinan tahun ini beberpa kemoditi yang akan mengalami perubahan harga setelah efek dari kenaikan harga pupuk, pestisida dan lainnya,” terangnya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker