Presiden Rusia Vladimir Putin Kunjungi Iran, Bahas Pembukaan Akses Ekspor Gandum Ukraina

Abadikini.com, TEHERAN – Presiden Rusia Vladimir Putin dilaporkan telah tiba di Teheran, Iran pada Selasa (19/7/2022). Pemimpin Federasi Rusia itu akan melakoni pertemuan dengan Presiden Iran Ebrahim Raisi dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Menurut pantauan Associated Press, saat pesawat yang membawa Putin mendarat di Bandara Internasional Mehrabad, Iran menggelar karpet merah panjang untuk menyambut eks mata-mata KGB itu.

Vladimir Putin dan rombongan disambut oleh Menteri Perminyakan Iran Javad Owji. Putin lalu diantar menuju pusat kota Teheran.

Ini merupakan kunjungan luar negeri kedua Putin sejak Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari silam.

Dalam kunjungan ke Iran, bersama Raisi dan Erdogan, Putin dilaporkan akan membahas sejumlah isu mendesak di kawasan Eropa dan Timur Tengah, di antaranya adalah konflik Suriah serta pembukaan akses ekspor gandum Ukraina untuk meringankan krisis pangan global.

Kunjungan Putin diyakini menjadi upaya Moskow memperkuat hubungan dengan kekuatan politik lain untuk menghadapi tekanan Amerika Serikat (AS) dan negara-negara Eropa terkait invasi Rusia ke Ukraina.

Kesempatan menemui Erodgan disebut krusial bagi Putin dalam kunjungannya kali ini. Erdogan sendiri memimpin negara anggota NATO yang paling “ramah” terhadap Rusia sehubungan dengan invasi ke Ukraina.

Walaupun Turki menentang sikap Rusia dalam konflik di Azerbaijan, Libya, dan Suriah, Ankara memosisikan diri lebih sebagai penengah antara Rusia dan Ukraina.

Turki memang menjual drone tempur yang digunakan Ukraina melawan Rusia. Namun, Ankara tidak ikut-ikutan memberlakukan sanksi ke Moskow.

Di lain pihak, pemerintahan Erdogan juga butuh Rusia untuk mengatasi inflasi yang melanda Turki. Ankara butuh pasar Rusia untuk menghadapi krisis ekonomi yang tengah melanda.

Selain itu, Putin juga disebut hendak memperkuat ikatan dengan pemerintahan Raisi. Sebagaimana Rusia, Iran merupakan negara yang menjadi sasaran sanksi ekonomi Barat.

Rusia pun berkesempatan mengeksplorasi kemungkinan menjadikan Iran sebagai mitra dagang dan militer yang potensial.

Sebelum kunjungan Putin, delegasi Rusia dilaporkan telah mengunjungi Iran dua kali. Washington menuduh Moskow meninjau drone militer Iran untuk diterjunkan ke Ukraina.

Di lain sisi, kunjungan ke Iran juga punya arti simbolis bagi citra Putin di dalam negeri. Pertemuan dengan pemimpin Iran dan Turki dipandang sebagai pertunjukan kekuatan Rusia di panggung internasional di tengah konfrontasi dengan Barat.

Kunjungan Putin ini pun dilangsungkan hanya beberapa hari usai Presiden AS Joe Biden mengunjungi Israel dan Arab Saudi, dua rival utama Iran di Timur Tengah.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker