Inidia Tiga Jurus Bawaslu dalam Pencegahan Pelanggaran dan Sengketa Tahapan Pemilu 2024

Abadikini.com, JAKARTA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) akan melakukan tiga hal dalam mencegah pelanggaran dan sengketa proses tahapan pendaftaran, verifikasi, dan penetapan partai politik (Parpol) Pemilu 2024.

“Hal-hal ini yang telah dan akan kami (Bawaslu) lakukan pada proses pendaftaran, verifikasi, dan penetapan parpol yang merupakan tahapan yang esensial dalam menentukan peserta pemilu dalam Pemilu 2024,” ujar Rahmat Bagja saat menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) 2022 Partai Bulan Bintang (PBB) di Jakarta, Senin (18/7/2022).

Menurut Bagja, ketiga pencegahan itu yakni, pertama, Bawaslu akan menyusun instrumen pengawasan serta pemetaan kerawanan pada tahapan pendaftaran, verifikasi, dan penetapan parpol.

Kedua, lanjut Bagja, mengefektifkan sosialiasi kepada seluruh parpol dan parpol calon peserta pemilu. Ketiga melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tahapan pendaftaran, verifikasi, dan penetapan parpol.

“Kami harapkan PBB bisa menyiapkan seluruh proses dan dokumen dengan benar tanpa kemudian terdapat masalah,” ungkap lelaki kelahiran Medan, Sumatra Utara itu.

Bagja mengungkapkan, acapkali ditemukan masalah dalam tahapan pendaftaran dan verifikasi faktual salah satunya terkait status pensiun bagi anggota TNI, Polri, dan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang didaftarkan menjadi anggota parpol.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker