Pos Kesehatan Armuzna Selesai Melayani Jemaah Haji

Abadikini.com, MAKKAH – Berakhirnya fase armuzna juga menandai selesainya pelayanan kesehatan di Pos kesehatan (Poskes) Arafah, Poskes Satelit Muzdalifah, dan Poskes Mina.

Selama dua hari beroperasi dari tanggal 7 – 8 Juli 2022, sebanyak 88 jemaah haji mendapatkan layanan kesehatan di Poskes Arafah, didominasi Jemaah heat stroke. Sementara di Pos Kesehatan Mina, selama lima hari beroperasi sebanyak 289 jemaah haji mendapatkan layanan kesehatan, juga didominasi jemaah heat stroke. Di Poskes Satelit Muzdalifah sendiri terdapat 50 jemaah yang mendapatkan layanan kesehatan, didominasi oleh jemaah yang kelelahan.

“Belum termasuk jemaah yang mendapatkan perawatan di maktab, pos satelit arafah dan pos EMT” ujar Kepala Wakil Bidang Kesehatan Arab Saudi, dr. Indro Murwoko seperti dikutip dari laman Kemkes, Sabtu (16/7).

Di Pos satelit Arafah sebanyak 62 jemaah yang mendapatkan layanan kesehatan didominasi dengan kasus heatstroke, sementara di Pos Jamarat sebanyak 67 jemaah yang mendapatkan layanan kesehatan, didominasi oleh kasus jemaah kelelahan dan dehidrasi,

Sementara sejumlah jemaah yang dirawat di pos pos kesehatan juga perlu mendapatkan perawatan lanjutan, sehingga dilakukan rujukan baik ke Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah maupun ke RSAS. Sebanyak 13 Jemaah sakit dirujuk dari Poskes Arafah ke KKHI Makkah dan RSAS East Arafah. Sementara 18 Jemaah dirujuk dari poskes satelit muzdalifah ke Poskes Mina dan KKHI Makkah. Dan sampai akhir operasional Poskes Mina, sebanyak 12 jemaah sakit dirujuk ke KKHI Makkah dan RSAS Mina Al Wadi.

“Kami juga terus memantau perkembangan jemaah yang dirawat di RSAS” ujarnya

Sebelumnya kementerian Kesehatan telah menyiapkan pelayanan kesehatan di seluruh wilayah Armuzna. Di Arafah, disiapkan satu Pos Kesehatan dan empat pos kesehatan satelit. Sementara di Muzdalifah disiapkan 10 pos kesehatan satelit dan di Mina disiapkan satu pos kesehatan dan 8 pos EMT di sepanjang jalur jamarat atas dan bawah, serta penguatan tim EMT Mobile. Seluruh pos kesehatan dilengkapi dengan tenaga medis dan penunjang lain, obat-obatan, serta perlengkapan medis.

Pada Selasa (12/7) sore, terpantau petugas kesehatan merapikan poskes mina.Dari 22 bed, hanya tiga bed yang disiagakan untuk melayani jika ada jamaah haji masuk Poskes Mina.

Selain tempat tidur yang dilipat, para petugas kesehatan juga kompakan mulai ngepak obat-obatan dan alat-alat kesehatan juga dimasukkan ke dalam peti dan kardus-kardus. Alat kesehatan itu antara lain EKG, syringe pump, suction pump, nebuli zer, thermometer tembak, glukometer dan alat-alat perlengkapan kesehatan lainnya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker