Luncurkan Excavator Hybrid Komatsu HB365-1, United Tractors Dukung Indonesia Bebas Emisi

Abadikini.com, JAKARTA – Pemerintah Indonesia berkomitmen kuat untuk mewujudkan Net Zero Emission (NZE) atau nol emisi karbon yang ditargetkan tercapai pada tahun 2060. Zero Emission ini untuk mengatasi risiko perubahan iklim di masa depan, yang antara lain disebabkan oleh tingginya kadar emisi gas buang dari kendaraan bermotor dan industri.

Untuk membantu menciptakan ekosistem ramah lingkungan dan mengedepankan keberlanjutan, PT United Tractors Tbk dan Komatsu secara resmi meluncurkan produk excavator hybrid terbarunya, sekaligus yang pertama di Indonesia untuk kelas 30 ton, yaitu Komatsu HB365-1. Excavator ini menggunakan komponen hybrid yang lebih tahan lama dan andal dalam memanfaatkan energi listrik untuk menghasilkan performa bertenaga dan membantu mengurangi jejak emisi hingga 13 kg/jam serta hemat konsumsi bahan bakar hingga 17% jika dibandingkan dengan excavator model non-hybrid.

Corporate Governance & Sustainability Division Head United Tractors Sara K. Loebis mengatakan, meski saat ini kebijakan yang mengatur emisi gas buang baru tersedia untuk kendaraan penumpang atau komersil, dan belum spesifik pada penggunaan alat berat, United Tractors dan Komatsu senantiasa mendukung keberlanjutan lingkungan di Indonesia dengan menghadirkan produk-produk yang ramah lingkungan.

“Bersama Komatsu yang merupakan pionir dalam menghadirkan excavator hybrid di Indonesia, kami terus melakukan inovasi agar dapat berperan aktif meminimalisir dampak negatif kepada manusia dan lingkungan dan berkontribusi secara bertahap mewujudkan Indonesia yang bebas dari emisi,” kata Sara dalam keterangan, Kamis (14/7/2022).

Untuk mewujudkan Indonesia dengan netralitas karbon pada tahun 2060, diketahui Pemerintah terus mendorong seluruh pihak untuk melakukan pengembangan dan pemanfaatan teknologi yang mampu mereduksi kadar emisi karbon, termasuk salah satunya dengan pemanfaatan energi listrik pada kegiatan industri.

Sara mengatakan, sebagai perusahaan yang banyak berkecimpung pada penjualan alat berat untuk industri, United Tractors memiliki kepedulian khusus terhadap masalah lingkungan sebagai bagian dari implementasi inisiatif Environmental, Social & Governance (ESG). Karena itu, kehadiran Komatsu HB365-1 menjadi bentuk komitmen perusahaan dalam pengembangan produk ramah lingkungan.

United Tractors berupaya untuk mewujudkan aspirasi keberlanjutan yang selaras dengan tema “Berkarya Membangun Keberlanjutan” memasuki usianya yang ke-50 tahun, lewat produk-produk yang ramah lingkungan. Secara terus menerus perusahaan juga melakukan upaya untuk mengurangi emisi gas rumah kaca untuk mencegah kenaikan temperatur rata-rata bumi melalui efisiensi energi, pemanfaatan energi terbarukan, dan upaya konservasi lingkungan yang berdampak sebagai penyerap karbon.

Dalam kesempatan yang sama, Marketing Division Head United Tractors Etot Listyono mengungkapkan, Komatsu memiliki budaya Continuous Improvement atau secara berkelanjutan melakukan peningkatan pada setiap produk yang diciptakan untuk target keberlangsungan dunia yang bebas dari emisi. Komatsu terus merancang, mengembangkan, menguji, dan menghadirkan next generation alat berat  dengan prinsip menuju Zero Emission.

“Sebagai distributor alat berat terbesar di Indonesia, kami sangat mendukung kehadiran produk berteknologi hybrid yang ramah lingkungan ini. Komatsu HB365-1 ini ditujukan untuk penggunaan di berbagai sektor seperti tambang batu bara dan mineral yaitu nikel, emas, timah dan bauksit serta pekerjaan konstruksi. Setiap produk yang dijual oleh United Tractors tentunya telah melalui proses studi dan riset yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar Indonesia,” kata Etot.

Etot menambahkan, Komatsu telah mengembangkan riset teknologi hybrid sejak 1999 dan membutuhkan waktu hampir 10 tahun untuk mengembangkan produk excavator hybrid pertamanya.

Keunggulan Komatsu HB365-1

Dengan teknologi dan performa yang telah disempurnakan, Excavator Hybrid Komatsu HB365-1 memiliki berbagai keunggulan:

Pertama, Efficient & Ecological Friendly. Komatsu HB365-1 memberikan efisiensi bagi pelanggan yang membutuhkan alat muat besar yang andal dan bisa menghemat bahan bakar hingga 17%. Dengan berkurangnya tingkat konsumsi bahan bakar maka jumlah emisi karbon yang dikeluarkan juga berkurang sehingga membantu dalam melestarikan lingkungan.

Kedua, Reliability & Safety. Teknologi yang disematkan pada Komatsu HB365-1 menggunakan komponen hybrid kapasitor sebagai penyimpan energi dan melepaskan energi kembali. Komatsu juga membuat komponen hybrid dan komponen lainnya dengan tingkat keamanan yang tinggi dan tahan lama sehingga menghasilkan kinerja yang optimal.

Ketiga, Guaranteed Comfort. Pelanggan tidak perlu khawatir menggunakan produk Komatsu HB365-1 ini karena United Tractors memberikan jaminan standar selama 1 tahun untuk unlimited hours dan perpanjangan jaminan 4 tahun atau 20.000 jam untuk komponen hybrid secara gratis. Selain itu United Tractors juga menawarkan perpanjangan jaminan Preventive Maintenance Package (PMP) terhadap komponen utama hingga 3 tahun atau 12.000 jam.

Etot menjelaskan, dalam memberikan dampak yang sustainable, Komatsu HB365-1 memanfaatkan energi kinetik yang dihasilkan oleh pergerakan mengayun dan putaran engine untuk menghasilkan energi elektrik yang disimpan di kapasitor melalui inverter. Energi yang tersimpan tersebut digunakan kembali untuk pergerakan mengayun dan membantu putaran mesin. Hal ini yang membuat unit menjadi lebih hemat dalam penggunaan bahan bakar karena beban kerja engine berkurang.

Komatsu HB365-1 juga dilengkapi dengan fitur Komatsu Machine Tracking System (KOMTRAX), yaitu teknologi pemantauan alat berat berbasis nirkabel milik Komatsu yang dapat diakses di mana pun dan kapan pun melalui perangkat komputer maupun selular. Beberapa fitur KOMTRAX sudah terintegrasi dengan aplikasi digital milik United Tractors, yaitu UT Connect yang memudahkan pelanggan untuk memonitoring alat berat dan juga layanan lainnya seperti order tracking spare parts dan promo terbaru untuk suku cadang.

Lebih lanjut, Etot mengatakan, selain memperhatikan kualitas produk yang diageni United Tractors juga memiliki layanan purna jual terbaik yang dikenal dengan istilah United Tractors Guaranteed Product Support (UT GPS). Untuk pelanggan-pelanggan yang berada di berbagai daerah juga tidak perlu khawatir karena United Tractors memiliki jaringan product support terluas yang mampu menjangkau hingga seluruh pelosok di Indonesia.

Dengan tagline Reinvent Sustainability, Komatsu HB365-1 merupakan bentuk inovasi terbaru yang lebih fokus terhadap isu ramah lingkungan lewat teknologi yang secara eksklusif dikembangkan oleh Komatsu, sekaligus membantu menciptakan ekosistem yang lebih baik dengan teknologi hybrid yang berupa pengurangan emisi CO2 di tengah proses pengoperasiannya.

“Selaras dengan komitmen perusahaan dalam mewujudkan bisnis yang berkelanjutan melalui aspek ESG, United Tractors sebagai mitra terpercaya bagi pelanggan dan pemerintah, senantiasa melakukan inisiatif-inisiatif dengan menerapkan pendekatan teknologi terdepan yang ramah lingkungan pada produk, layanan, dan proses bisnisnya untuk menjadi solusi dan menciptakan nilai tambah yang berkelanjutan dalam mengatasi risiko perubahan iklim di masa depan” tutup Sara.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker