Wamenag Apresiasi Kinerja Tenaga Kesehatan Indonesia di Arab Saudi

Abadikini.com, MAKKAH – Wakil Menteri Agama Indonesia Dr. H. Zainut Tauhid Sa’adi, M.Si mengapresiasi kinerja para petugas kesehatan Indonesia yang bertugas di Arab Saudi. Menurut Wamenag petugas kesehatan telah memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi jemaah haji Indonesia

“Luar biasa mereka telah memberikan pelayanan yang sangat baik bagi jemaah haji Indonesia yang mengalami problem kesehatan” ucap Zainut di KKHI Makkah seperti dikutip dari laman kemkes, Senin (4/7/2022).

Wamenag Zainut mengunjungi KKHI Makkah bersama perwakilan Amirul Hajj Indonesia, untuk meninjau langsung pelayanan kesehatan yang diberikan kepada jemaah haji Indonesia. Wamenag diterima oleh Kepala Pusat Kesehatan Haji, dr. Budi Sylvana MARS.

Perwakilan Amirul Hajj Kementerian Kesehatan, drg. Oscar Primadi, MPH juga sangat mengapresiasi dedikasi para petugas kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi jemaah haji indonesia.

Pihaknya juga meminta kekompakan petugas tetap terjaga untuk menghadapi puncak haji beberapa hari ke depan

“jaga kekompakan, jaga kesehatan dan masih ada tugas yg akan dihadapi di saat puncak armuzna nanti,” Pesan drg. Oscar

Pihaknya juga meminta agar koordinasi para petugas kesehatan dengan seluruh komponen penyelenggara haji terus dijalin dengan erat.

Dalam kesempatan tersebut, Wamenag beserta para amirul Hajj mengunjungi pelayanan di ruang ICU, Ruang Ranap, Ruang Operasi, serta ruang perawatan psikiatri KKHI Makkah.

Setiap harinya KKHI Makkah memberikan pelayanan kesehatan kepada jemaah haji Indonesia baik yang membutuhkan pelayanan poli risti, rawat jalan, maupun rawat inap. Melihat pola penyakit pasien yang mendapatkan pelayanan kesehatan di KKHI, Wamenag berjanji pihaknya akan lebih selektif dalam memberangkatkan Jemaah haji

“Hal ini menjadi perhatian kami agar lebih selektif untuk memberangkatkan jemaah haji indonesia. Jadi akan dipastikan yang berangkat adalah orang-orang yang betul sehat” kata Wamenag.

Selama operasional Ibadah Haji 1443 H, Sampai Jumat (1/7) KKHI Makkah telah memberikan pelayanan rawat jalan kepada total 957 jemaah haji. Dengan rincian pelayanan rawat jalan sejumlah 769 pasien, pelayanan rawat inap 271 pasien. Dan rujukan ke Rumah Sakit Arab Saudi sejumlah 38 pasien. Sementara pasien yang masih dirawat di KKHI sejumlah 95 orang dan yang masih dirawat di RSAS 12 orang. Pola penyakit yang paling banyak diderita pasien adalah penyakit jantung, pneumoni, demam, diabetes melitus, dan hipertensi.

Menariknya, dalam kunjungannya ke ruang psikiatri, salah satu pasien menitipkan salam untuk presiden Jokowi kepada Wamenag

“Pak, salam ya untuk (Presiden) Jokowi.” seru pasien Zamzami kepada Wamenag.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker