Menhan Rusia Sergei Shoigu Melapor ke Presiden Putin terkait Hasil Tempur di Kota Luhansk 

Abadikini.com, MOSKOW – Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu melapor ke Presiden Vladimir Putin bahwa semua wilayah Luhansk atau Lugansk Ukraina telah dikuasai sepenuhnya, atau “dibebaskan” oleh pasukan Rusia dan pasukan Republik Lugansk yang memisahkan diri dari Ukraina.

Demikian dikatakan Kementerian Pertahanan Rusia seperti dilaporkan  Straits Times yang mengutip AFP, Minggu (3/7/2022).

Shoigu mengatakan pasukan Moskow telah merebut kota Lysychansk yang strategis di Ukraina dan sekarang menguasai seluruh wilayah Luhansk, lokasi pertempuran sengit dalam beberapa pekan terakhir.

“Sergei Shoigu telah memberi tahu panglima tertinggi angkatan bersenjata Rusia, Vladimir Putin, tentang pembebasan Republik Rakyat Luhansk,” kata Kementerian Pertahanan Rusia dalam sebuah pernyataan yang dikutip oleh kantor berita Rusia.

Sementara panggilan ke Staf Umum dan Kementerian Pertahanan Ukraina, tidak dijawab. Kementerian tersebut tidak segera menanggapi permintaan komentar melalui email.

Setelah dipukul mundur dalam upaya awalnya untuk merebut ibu kota Kiev, Rusia memfokuskan upayanya untuk mengusir pasukan Ukraina keluar dari wilayah Luhansk dan Donetsk di timur negara itu, di mana separatis yang didukung Moskow telah memerangi Kiev sejak intervensi militer pertama Rusia di Ukraina pada tahun 2014.

Sebelumnya, pasukan Ukraina  membantah pernyataan pemberontak pro-Rusia, bahwa Lysychansk telah dikepung oleh mereka.

Ukraina mengatakan, pertempuran di Lysychansk antara pasukan Ukraina dan pemberontak pro-Rusia masih terus terjadi.

Lysychansk yang merupakan benteng terakhir pasukan Ukraina di Luhansk, Donbas, masih dikontrol oleh pasukan Volodymyr Zelensky itu.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker