Kemenag Apresiasi Inovasi Pelayanan Kesehatan Haji

Abadikini.com, MAKKAH – Jumat (1/7) Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Prof Nizar Ali bersama Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh Prof Hilman Latief beserta rombongan berkunjung ke Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah. Dalam kunjungannya, Sekjen Kemenag mengapresiasi inovasi Kementerian Kesehatan dalam pelayanan Kesehatan haji.

Prof Nizar Ali mengapresiasi inovasi set rompi penurun suhu yang akan digunakan untuk mengatasi pasien dengan heat stroke. Menurutnya inovasi ini sangat bermanfaat, baik bagi petugas maupun bagi Jemaah haji, terutama di bawah terik sinar matahari untuk mendinginkan suhu.

“Sekali melangkah ada teknologi yang merekayasa panas menjadi dingin, kita sangat apresiasi” ucap Nizar Ali, seperti dikutip dari laman Kemkes, Sabtu (2/7/2022).

Rompi penurun suhu merupakan inovasi yang dilakukan kementerian Kesehatan untuk penanganan kasus heat stroke pada Jemaah haji pada fase Armuzna. Inovasi ini memanfaatkan teknologi carboon cool yang dapat bertahan selama 8-12 jam di bawah terik matahari.

Dalam Kunjungannya, Sekjen Kemenag beserta rombongan juga berdialog dengan Kepala Pusat Kesehatan Haji beserta jajaran Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI). Pada kesempatan tersebut, dr. Budi Sylvana, MARS meminta dukungan dari Kementerian Agama dalam proses tasreh alat kesehatan, untuk meningkatkan pelayanan Kesehatan di KKHI pada musim haji tahun mendatang.

“Live saving kita lakukan di sini. Yang dirujuk yang butuh ioperasi besar dan pemeriksaan penunjang. Mohon bantuan dari kemenag supaya kita bisa lengkapi tasreh untuk alat-alat kesehatan di tahun depan, termasuk transfusi.” Ujar dr. Budi

Pada kesempatan tersebut, Kementerian agama juga bersepakat untuk mendorong pelayanan Kesehatan menjadi lebih baik ke depannya

“kita menyaksikan langsung, sirkulasi datang dan perginya jemaah ke KKHI ini cukup banyak, 70 orang per hari. Kami sepakat pelayanan kesehatan kita dorong lebih baik.” Ujar Prof Hilman

Dalam kunjungannya, Sekjen dan Dirjen PHU Kemenag beserta rombongan, setelah berdialog dengan Kepala Pusat Kesehatan Haji dan tim KKHI, melihat langsung sistem monitoring pengawasan makanan TelePetugas. Selain itu juga melihat langsung pelayanan Kesehatan yang sedang berlangsung di KKHI Makkah.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker