Kepala Bakamla RI Hadiri Trilateral Meeting Coast Guard di Philipina

Abadikini.com, JAKARTA – Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia menghadiri pertemuan trilateral coast guard yang dihadiri oleh Philipine Coast Guard (PCG) dan Agensi Penguatkuasa Maritim Malaysia (APMM) di Manila Filipina, Kemarin.

Pertemuan trilateral kepala coast guard ini dilakukan bersamaan dengan kegiatan pertemuan ke-7 contact group on Sulu and Celebes Sea Regional Meeting yang membahas tentang isu keamanan maritim di seputar Laut Sulu dan Sulawesi.

Diketahui, bahwa Laut Sulu dan Sulawesi merupakan wilayah perairan yang menjadi batas dari ketiga negara yaitu Indonesia, Malaysia dan Philipina.

Dalam pertemuan trilateral tersebut, ketiga pimpinan coast guard menyatakan memiliki pandangan yang sama tentang pentingnya keamanan maritim di Laut Sulu dan Sulawesi dari ancaman kejahatan maritim.

Ketiganya juga sepakat untuk meningkatkan kapasitas kerjasama melalui penentuan point of contact dalam pertukaran informasi, merencanakan coast guard coordinated patroli dan pelatihan bersama untuk peningkatan kapasitas personel.

Pada kesempatan tersebut juga kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia menyampaikan undangan untuk menghadiri Head of ASEAN Coast Guard meeting yang rencana dilaksanakan pada akhir tahun. “kami mengundang Admiral Zubil dan Admiral Artemio untuk dapat hadir dalam pertemua tersebut” ucap Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia.

“kita harapkan kepala coast guard negara ASEAN memiliki kesepahaman dan saling percaya dalam mewujudkan keamanan maritim di kawasan,” ungkapnya

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker