Pemkot Tidore Gelar Rapat Triwulan bersama Tim Pengendalian Inflansi Daerah

Abadikini.com, TIDORE – Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan, melalui bagian Ekonomi menggelar rapat triwulan tim pengendalian Inflansi Daerah (TPID) Kota Tidore Kepulauan dipimpin oleh Asisten Sekda Bidang Administrasi Umum Halil Achmad, di ruang rapat Sekda Kota Tidore, Kamis (23/6/2022).

Asisten Sekda Bidang Administrasi Umum Halil Achmad mengatakan bahwa kegiatan TPID ini menjadi evaluasi rutin setiap triwulan yang harus dievaluasi, “sehingga kita bisa mengetahui komuditi atau bapok yang mengalami inflansi.” Kata Halil

Halil Achmad juga menambahkan bahwa terkait dengan pengendalian inflansi pemerintah Daerah memiliki peran penting agar harus intens berkoordinasi dengan Bank Indonesia maupun dari Badan pusat Statistik terkait dengan data.

Halil Achmad juga berharap agar pemerintah Daerah bersama stakeholder terkait bahu membahu untuk berkolaborasi dalam mencegah inflansi yang ada di Kota Tidore.

Sementara, perwakilan Bank Indonesia, M Rizki Basri memaparkan perkembangan inflansi Maluku Utara pada April 2022 mengalami inflasi sebesar 0,82% (mtm), sejalan dengan nasional yang juga mengalami inflasi sebesar 0,95% (mtm). Ditinjau secara tahunan Inflasi Maluku Utara pada April 2022 bernilai 1,82% (yoy).

M Rizki Basri menambahkan bahwa Meskipun kondisi saat ini menunjukkan pertumbuhan ekonomi Maluku Utara cukup tinggi dengan tingkat inflasi yang relatif rendah, namun risiko tekanan inflasi kedepan tetap tinggi.

“Dengan kondisi Maluku Utara yang saat ini masih defisit komoditas pangan, dan menjelang hari raya Idul Adha maka  perlu diperkuat Peningkatan sinergitas antar TPID Kota Tidore untuk dapat memitigasi risiko distribusi, pertukaran informasi mengenai ketersediaan pasokan serta Secara berkala TPID Kota Tidore memantau kerjasama yang telah berjalan, untuk mengevaluasi dan mengidentifikasi permasalahan yang ada dengan memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut.” Kata Rizki

Senada juga disampaikan, Kepala Bagian perekonomian dan Sumber Daya Alam M Nasir A. Rahman mengatakan bahwa rapat TPID ini dilaksanakan agar dapat menjaga keseimbangan inflansi yang ada di Kota Tidore, “apalagi menjelang lebaran Idul Adha ini khusus untuk beberapa komuditas tertentu yang mengalami inflansi sehingga segera bisa kita atasi,” kata M Nasir

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker