Trending Topik

Terawan Agus Putranto Sayangkan Uji Klinis Vaksin Nusantara Selalu Dilarang Kemenkes, Netizen: ‘Nah, Kenapa Lebih Percaya Buatan Luar’

Abadikini.com, JAKARTA – Penemu Vaksin Nusantara dr Terawan Agus Putranto mengemukakan penelitiannya terkait pemberian Vaksinasi terhadap masyarakat.

Menurut mantan Menteri Kesehatan itu pengguna Vaksin Nusantara tidak perlu mendapatkan suntikan booster untuk melawan virus Covid-19.

“Yang jelas dari hasil evaluasi dalam satu tahun, uji klinis satu dan dua kemampuan untuk memproteksi terhadap Covid-19 masih tinggi, artinya vaksin Nusantara tidak perlu booster,” ujar Terawan Agus Putranto, dikutip dari detikcom, Rabu (22/6/2022).

Terawan berujar bahwa Vaksin Nusantara sangat ampuh untuk memerangi varian Covid-19 yang baru yaitu Omicron.

“Cukup melawan Omicron, termasuk varian-varian lainnya,” kata Terawan Agus Putranto.

Sebagai informasi, menurut keterangan Terawan Agus Putranto, Vaksin Nusantara telah melewati uji klinis fase I hingga fase II.

Vaksin Nusantara juga diklaim oleh Terawan Agus Putranto dapat melawan Omicron BA.4 dan Omicron BA.5.

Terawan Agus Putranto akan melaksanakan uji klinis fase ketiga dari Vaksin Nusantara yang akan melibatkan 1.800 subjek.

Terawan Agus Putranto juga yakin jika dirinya mendapatkan izin dari Kementerian Kesehatan, uji klinis Vaksin Nusantara bisa terselesaikan dengan cepat.

“Sesuai aturannya 1.800 (subjek) dan kita selalu siapkan. Karena ini sebuah platform yang baru ya tentunya butuh mindset yang baru,” tutur Terawan Agus Putranto.

“Kalau bisa target saya secepatnya (selesai). Tapi ini tergantung regulator Kementerian Kesehatan. Ya gimana mau cepat orang dilarang terus,” ungkap Terawan Agus Putranto.

Menanggapi Vaksin Nusantara yang dinilai cukup ampuh untuk memerangi Omicron, netizen pun langsung bersuara dan turut mendukung.

Netizen juga menduga bahwa unsur politik telah terlibat dari pengadaan Vaksin Nusantara ini, sehingga vaksin tersebut terus dicekal oleh pemerintah.

Namun terdapat pula netizen yang tidak percaya terhadap Terawan Agus Putranto dan meminta dirinya untuk bertanggung jawab atas seluruh nyawa yang hilang karena Covid-19.

“Lawannya politik susah pak,” tulis akun Twitter @Hafiszh, dilihat pada Rabu 22 Juni 2022.

Foto Tangkapan Layar.

“Maju terus pak! orang baik selalu dihalangi apalagi jika tidak menguntungkan pihak tertentu. padahal dendritic immunotherapy ini pertama kali di dunia. vaksin yg ada sekarang sample nya dari varian lama, sedangkan virusnya terus bermutasi, gimana mau sembuh dilogika aja gadapet,” lanjut akun Twitter @vlaamsss.

“Bisa melawan rakyat Indonesia yang keluarganya meninggal gegara kelalaianmu ga?” tambah akun Twitter @AswanaAktivix.

“Nah, kenapa lebih percaya buatan luar yg dipromosiin sama tukang komputer si BG dan kroninya ??” imbuh akun Twitter @Think2_Smart.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker