Pasien Jemaah Haji Ini Akui Puas dengan Layanan KKHI

Abadikini.com, MEKKAH – Pada Minggu (19/6) KKHI Makkah memulangkan tiga pasien. Dua Pasien merupakan pasien di bangsal rawat inap pria dan satu pasien ICU KKHI Makkah.

Tim dokter KKHI Makkah dr. Sagiran Kromo Sukardi Spesialis Bedah Umum mengatakan salah satu pasien merupakan pasien yang menjalani operasi darurat hernia.

“Alhamdulillah tim bergerak cepat, operasi darurat langsung dilakukan. Alhamdulillah pasien sekarang sudah happy dan sudah bisa ibadah dan kembali ke kloter” jelas dr. Sagiran seperti dikutip dari laman kemekes, Senin (20/6/2022).

Sekembalinya ke kloter, kondisi pasien akan terus dipantau oleh Tenaga Kesehatan Haji (TKH) Kloter dan Sektor.

dr. Sagiran juga mengingatkan pasien sekembalinya ke tanah air nanti pasca Ibadah haji, untuk dilakukan kontrol ke rumah sakit untuk memastikan kondisi kesehatan pasien.

“nanti sekembalinya ke tanah air harus dilakukan operasi yang betul betul menutup hernia tersebut.” Ucap dr. Sagiran

Sementara dr. RR Suzy Indharty Spesialis Bedah Umum, yang menangani pasien pertama KKHI mengatakan bahwa pasien yang dipulangkan kondisinya sudah baik dan bisa dilanjutkan dengan pemeriksaan rawat jalan.

“dan sekarang bisa dilakukan rajal (rawat jalan) sehingga pak kiayi bisa optimal lakukan pendampingan pada jemaah haji di seksus.” Jelas dr. Suzy

Pasien mengaku puas dengan pelayanan kesehatan yang diberikan oleh KKHI Makkah, baik dari sisi pelayanan kesehatan maupun pelayanan penunjang lainnya.

“Alhamdulillah pelayanan mulai dari IGD sangat baik, saya tidak perlu menunggu, langsung di layani. Kemudian di sini di ruangan ini saya mendapatkan pelayanan yang betul-betul bukan hanya pelayanan kesehatan tapi juga pelayanan spiritual saya dapatkan di sini sehingga alhamdulillah sehat sampai hari ini dan sudah boleh pulang” ucap Suhendi, pasien ICU KKHI Makkah.

Suhendi juga menyatakan akan melaksanakan semua yang dipesankan oleh dokter, sampai betul betul sehat dan prima dalam menjalankan ibadah haji

“Saya kembali ke maktab, pesan dari dokter akan saya jalani, istirahat sementara tidak ada kegiatan yang terlalu menguras tenaga, bersiap untuk kegiatan haji” janji suhendi.

Data siskohatkes Kementerian Kesehatan menunjukkan, sampai dengan Minggu (19/6), dari 44. 856 jemaah haji indonesia yang sudah tiba di arab saudi, secara total sebanyak 14. 679 jemaah yang mendapatkan layanan rawat jalan baik di kloter, sektor, maupun KKHI.

Sementara sebanyak 124 jemaah haji mendapatkan layanan rawat inap. Dari jumlah tersebut, yang masih mendapatkan rawatan sampai saat ini sebanyak 29 jemaah, 18 jemaah di KKHI Madinah dan 11 jemaah di rawat KKHI Makkah.

Sementara 1 pasien masih dirawat di RSAS Madinah dan 2 pasien di rawat di RSAS Makkah. Sementara jemaah haji wafat berjumlah 6 orang.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker