Pengamat Sebut KIB dan KIR Masih Cair belum Serius untuk Pilpres 2024

Abadikini.com, JAKARTA – Sejumlah koalisi yang digagas partai politik baru sebatas penjajakan dan belum ada yang serius dibentuk untuk Pilpres 2024. Baik itu Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang digawangi Golkar, PAN, dan PPP, maupun Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR) yang dibentuk Gerindra dan PKB.

Begitu kata pakar politik dan profesor riset Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Siti Zuhro saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (19/6/2022).

“Belum ada yang final tampaknya. Semua masih parpol dengan ketum mencoba saling menjajaki. Ada yang bentuk KIB ada yang KIR, tapi masih tersisa beberapa parpol yang belum menyatakan diri bentuk koalisi. Arahnya masih cair,” tegas Siti Zuhro.

Menurutnya, KIB hingga kini masih belum memastikan siapa calon presiden yang diusung. Begitu juga dengan KIR. Artinya, koalisi partai politik yang dideklarasikan belum bisa diprediksi apakah akan tetap berkoalisi serius pada 2024 mendatang.

“Arah politik Indonesia kadang sulit diprediksi karena ada perhitungan-perhitungan politik yang sifatnya  unpredictable seperti menonjolnya kepentingan dan sifat oportunistik para elite politik,” tutupnya.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker