Waspada Omicron Subvarian BA Sudah Masuk RI

Abadikini.com, JAKARTA – Virus Covid-19 varian Omicron BA disebut telah masuk ke Indonesia. Berdasarkan data Kemenkes RI, per Minggu (12/6) sudah ada enam orang terinfeksi BA.5, sementara dua orang lainnya terinfeksi BA.4.

Semua pasien tersebut telah menerima vaksin Covid-19 sebanyak dua hingga empat dosis. Demikian dikatakan Ketua Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI).

Dari delapan kasus itu, tiga kasus terjadi kepada Warga Negara Asing (WNA). Sementara lima lainnya adalah Warga Negara Indonesia (WNI).

Menurut Erlina hal ini menunjukkan bahwa sudah terjadi transmisi lokal. Mayoritas pasien tidak bergejala dan bergejala ringan, tapi terdapat satu pasien varian BA.5 yang menderita gejala sedang.

“Pasien 20 tahun, perempuan, Indonesia dan ini gejalanya sedang. Ini satu-satunya gejalanya lebih berat ada batuk, sesak napas, sakit kepala, lemah, mual, muntah, dan nyeri abdomen,” ujar Erlina dalam Webinar ‘Waspada Omicron Subvarian BA.4 dan BA.5 dalam Masa Transisi Menuju Endemi’, Minggu (12/6)

Sementara itu juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito membenarkan adanya temuan kasus konfirmasi Omicron BA.4 dan BA.5 di Bali.

Kasus konfirmasi subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 merupakan kasus pertama yang tercatat di Indonesia.

Pihak Satgas Covid-19 mengaku telah melakukan penanganan sesegera mungkin agar varian baru itu tidak menyebar ke wilayah Indonesia lainnya. “Kasus positif pertama varian baru tersebut sudah ditangani cepat termasuk diisolasi sehingga diharapkan tidak terjadi meluasnya penularan termasuk lintas daerah,” ungkapnya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker