Hubungan Bilateral AS dan Rusia kini Mencapai Titik Kritis

Abadikini.com, WASHINGTON – Duta Besar Rusia untuk AS Anatoly Antonov menyampaikan bahwa Hubungan bilateral antara Amerika Serikat (AS) dan Rusia kini tengah mencapai “titik kritis.”

“Hubungan Rusia dan AS, yang mana telah berada di dalam krisis yang dalam beberapa tahun terakhir, telah sampai di suatu titik kritis,” kata Antonov dalam acara penyambutan misi diplomasi Rusia di AS sebagaimana dikutip TASS, Senin (13/6/2022).

“Di sebagian besar AS, dialog politik bilateral sekarang terlalu kerdil. Ia telah terempas ke dasar. Di seluruh dunia, rasa permusuhan telah menjadi bagian kehidupan sehari-hari,” lanjutnya.

Meskipun demikian, Antonov mengakui bahwa hubungan bilateral Rusia-AS “krusial” bagi terjaminnya keamanan tatanan global.

“Dialog di antara negara kita melayani kepentingan seluruh komunitas internasional,” pungkasnya.

Hubungan Rusia-AS memburuk sejak Kremlin meluncurkan invasi ke Ukraina pada akhir Februari lalu. Washington merespons invasi Rusia dengan menggalakkan sanksi meluas ke ekonomi Negeri Beruang Merah itu.

Di lain sisi, pejabat publik kedua negara juga saling berbalas retorika pedas. Presiden AS Joe Biden pun secara terbuka menuduh Presiden Vladimir Putin sebagai “penjahat perang.”

AS juga gencar mengirim bantuan militer ke Ukraina dan mengajak negara-negara lain turut melakukannya. Terkini, Washington berencana memperbantukan sistem peluncur roket laras banyak (MLRS) canggih ke Ukraina.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker