Ujang dan Hensat Yakini Jokowi Tak Akan Reshuffle Para Menteri Kebelet Nyapres

Abadikini.com, JAKARTA – Pengamat politik dari KedaiKOPI Hendri Satrio menanggapi harapan Politisi PDIP Masinton Pasaribu tentang reshuffle kabinet.

Masinton sebelumnya mendorong Jokowi mereshuffle menteri yang tidak fokus bekerja karena lebih sibuk pencapresan.

Menurut Hensat-sapaannya, Jokowi sebenarnya sangat dekat dengan menteri yang mau menjadi Capres 2024, sehingga kepala negara tidak akan mereshuffle mereka.

“Sejauh ini, yang berani nyapres ialah menteri yang dekat dengan Jokowi. Jadi kecil kemungkinan menteri yang mau menjadi capres kena reshuffle,” kata Hensat dilansir dari JPNN, Minggu (12/6/2022).

Senada dengan itu, Direktur Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin menilai Jokowi tidak akan mereshuffle menteri di kabinet Indonesia Maju yang kebelet menjadi Capres 2024.

“Menteri yang kebelet menjadi capres akan dibiarkan. Tak akan direshuffle,” kata dosen Universitas Al-Azhar, Jakarta itu melalui layanan pesan, Minggu.

Ujang melihat setidaknya ada empat menteri di Kabinet Indonesia Maju yang kepengin menjadi Capres 2024.

Tiga di antaranya berasal dari unsur partai politik, yaitu Prabowo Subianto, Airlangga Hartarto, dan Sandiaga Uno.

Satu lagi berstatus profesional, tetapi menjadi Ketua Tim Pemenangan Jokowi-Maruf Amin pada Pilpres 2019, Erick Thohir.

Menurut Ujang, keempat tokoh itu punya posisi politik yang kuat, sehingga Jokowi tidak mungkin mereshuffle mereka.

Toh, kata dia, para menteri yang kepengin menjadi Capres 2024 itu sudah mendapat restu Jokowi untuk tebar pesona. Hal itu membuat kepala negara tidak akan memecat Erick dkk.

“Mereka yang kebelet menjadi capres, tebar pesona kesana-kemari sudah atas izin Jokowi. Tak mungkin mereka jalan kampanye ke bawah, jika tak direstui Jokowi,” ungkapnya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker