PT Bimaruna Abadi Raih Apresiasi Mitra BUMN Champion 2022

Abadikini.com, JAKARTA – PT Bimaruna Abadi, salah satu unit usaha Korindo Group yang bergerak di bidang Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) berhasil meraih Apresiasi Mitra BUMN Champion 2022 pada Mei 2022. PT Bimaruna Abadi mendapatkan apresiasi dalam kategori Distributor/ Broker Kelas Usaha Swasta.

Acara yang diinisiasi oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada para mitra BUMN yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan bisnis dan operasional BUMN, sehingga BUMN dapat merealisasikan kinerja secara efektif dan efisien.

Menteri BUMN Erick Tohir secara langsung menyerahkan apresiasi tersebut kepada para perwakilan perusahaan. Dalam kesempatan ini, PT Bimaruna Abadi diwakili oleh Manager SPBU PT Bimaruna Abadi, Agung Prihasto Wibowo.

“Jadi awal mulanya pihak Pertamina menghubungi kita. Diseleksi dari semua SPBU se-Indonesia. yang dilihat dalam penilaian itu adalah tingkat excellent yang bertahan paling lama. Dan ternyata kita bertahan sampai 63 bulan. Karena rata-rata yang bertahan di excellent tidak lebih dari 24 bulan,” ucap Agung dalam keterangan, Senin (6/6/2022).

Predikat excellent ini diraih lantaran PT Bimaruna Abadi konsisten dalam melakukan perawatan, menjaga pelayanan serta menjalankan Quality and Quantity ( QNQ) sesuai standar operasional yang ditetapkan. Ini menjadi alasan mengapa pada akhirnya Kementerian BUMN menganugerahkan apresiasi ini kepada PT Bimaruna Abadi.

SPBU berkode 34.138.09 ini juga selalu memperhatikan pola penebusan BBM. Menurut Agung hal ini dilakukan karena dalam perjanjian pertamina tertera bahwa pengusaha SPBU harus menyiapkan stok BBM untuk 2-3 hari penjualan agar tidak terjadi kekosongan.

“Selanjutnya, apresiasi ini juga lebih bergengsi karena dari apresiasi BUMN ini dinilai dari bidang usahanya, bukan hanya SPBU. Jadi kita pernah meraih juara nasional SPBU untuk 2019 sampai sekarang, itu dikarenakan itu hanya sebagian kecil perusahaan BUMN Pertamina. Kalau yang ini BUMN-nya langsung, yang memiliki banyak bidang usaha seperti PLN, KAI dan lain sebagainya.”

Apresiasi Mitra BUMN Champion 2022

Acara Apresiasi Mitra BUMN Champion 2022 yang berlangsung di Grha Pertamina ini juga dihadiri oleh Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, jajaran pejabat Kementerian BUMN, Direksi BUMN dan para Mitra BUMN. Menteri BUMN Erick Thohir dalam sambutannya mengatakan, acara ini diselenggarakan untuk mempererat sinergitas BUMN dengan swasta dan UMKM.

Indonesia, tutur Erick sejatinya memiliki kekuatan luar biasa yaitu Sumber Daya Alam dan Pasar yang dapat membantu BUMN, Swasta dan UMKM untuk mendukung pemulihan dan pertumbuhan ekonomi pasca pandemi. Erick berpendapat bahwa sudah bukan waktunya lagi BUMN menjadi menara gading di tengah disrupsi digital.

“Inilah kenapa saya ingin mengapresiasi yang namanya Mitra Champion 2022 ini. Kita juga ingin memastikan bahwa mitra-mitra ini bisa kita andalkan untuk BUMN Go Global, ini bukan sebuah awal yang muluk-muluk, kalau bangsa lain saja bisa membuat ekosistem sebagai fondasi negaranya kenapa kita tidak bisa. Kita sebagai negara yang memang mayoritas di Asia Tenggara sebagai fondasi terbesar apakah ekonomi, jumlah penduduk ataupun market, sinergitas ini menjadi hal yang tak terelakan,” ujar Erick.

“Ini yang saya ingin tawarkan kenapa juga saya berharap kita BUMN bersama mitranya duduk sejajar saling melayani dengan baik, karena ini sebuah era kolaboratif, supaya kita bisa menjadi pesaing global tidak hanya menjadi raja di kampungnya saja. saya yakin kalau kita mau antara Swasta dan UMKM dengan BUMN bisa menciptakan yang namanya ekosistem untuk Indonesia,” lanjutnya.

Erick berharap dengan adanya acara ini, BUMN dengan Swasta dan UMKM dapat melakukan 3 hal secara bersama-sama, yaitu pertama memperbaiki hubungan dengan win-win solution mengingat BUMN akan didorong menjadi perusahaan global dengan sinergitas yang terjalin antar kedua belah pihak.

Kedua, membangun keberpihakan kepada produk dalam negeri, yakni TKDN melalui para mitranya dan terakhir penting sekali BUMN memiliki mitra yang 1 visi, yaitu mitra yang transparan dan profesional.

Apresiasi Mitra BUMN Champion 2022 diberikan melalui rangkaian proses seleksi dan penilaian yang dilakukan dengan dasar kinerja kemitraan tahun 2021. Terdapat 268 mitra yang diusulkan 12 klaster BUMN untuk menjadi Mitra BUMN Champion 2022, dan selanjutnya dari hasil seleksi diperoleh 41 mitra yang diberikan apresiasi oleh Kementerian BUMN pada tahun ini.

41 mitra BUMN tersebut terdiri atas 9 mitra sebagai Kreditur/ Investor, 8 mitra sebagai Distributor/ Broker, 12 mira sebagai Pemasok/ Vendor dan 12 mitra sebagai Customer/ Buyer.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker