Sejumlah Wilayah di Indonesia Diperkirakan Hujan pada Minggu Ini

Abadikini.com, JAKARTA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sejumlah wilayah di Indonesia, Minggu berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

Menurut informasi BMKG yang dikutip Antara di Jakarta, Minggu (5/6/2022) pagi, sejumlah wilayah di Indonesia yang berpotensi hujan dengan intensitas ringan adalah Jambi, Gorontalo, Bandung, Semarang dan Pontianak.

Selain itu, wilayah lain di Indonesia yang juga berpotensi hujan dengan intensitas ringan adalah Banjarmasin, Palangkaraya, Makassar, Medan, Serang dan juga Pekanbaru.

Wilayah di Indonesia yang berpotensi hujan dengan intensitas sedang adalah Mataram, Kupang, Mamuju, Manado dan Palembang.

Sementara wilayah di Indonesia yang pada hari ini berpotensi hujan lebat disertai petir adalah Banda Aceh, Tanjung Pinang, Banjarmasin serta Mamuju.

Menurut prakiraan BMKG, pada hari ini juga terdapat sejumlah kota yang kondisi cuacanya cerah berawan, yaitu Yogyakarta, Jakarta Pusat, Surabaya, Tarakan, Ambon serta Padang.

Untuk wilayah yang diprakirakan berawan adalah Kendari, Manokwari, Kota Jayapura, Ternate, Bandar Lampung, Samarinda serta Bengkulu.

Selain itu, BMKG juga memprakirakan untuk suhu di sejumlah kota besar di Indonesia pada hari ini sekitar 18 hingga 33 derajat Celcius, sedangkan tingkat kelembaban diperkirakan 55 hingga 100 persen.

Menurut informasi BMKG situasi hujan di sebagian kota besar Indonesia dipengaruhi oleh sirkulasi siklonik yang terpantau di Laut Banda, Papua bagian selatan yang membentuk konvergensi memanjang di sejumlah wilayah.

Kondisi tersebut, menurut prediksi BMKG, mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan juga di sepanjang wilayah konvergensi tersebut.

BMKG juga mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati terkait dengan kondisi cuaca tersebut. Selain itu BMKG juga mengajak masyarakat untuk mengikuti kondisi perkembangan cuaca dengan mengakses laman media sosial resmi milik BMKG.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker