Google Assistant Disiapkan Miliki Fitur Pengenalan Ucapan Khusus

Abadikini.com, JAKARTA – Google Assistant yang menjadi bagian layanan dari Google disiapkan akan memiliki fitur pengenalan ucapan yang khusus dipersonalisasi untuk penggunanya sehingga pengalaman menggunakan layanan itu menjadi lebih menyenangkan.

Fitur “Personalized Speech Recognition” itu pada dasarnya dapat menyimpan rekaman audio pengguna di perangkat ponsel pintarnya untuk kemudian membantu mengenali “perintah” yang dikatakan pengguna.

Mengutip XDA Developers, Sabtu (28/5/2022) pengembangan fitur ini pertama kali dilaporkan oleh 9 to 5 Google dan menyebutkan sistem serupa juga digunakan pada pengenalan suara untuk perangkat hub pintar Google. Kerap kali penggunaan Google Assistant menjadi menyebalkan karena aplikasi tidak mampu menangkap kata-kata yang disebutkan oleh penggunanya.

Sehingga ketika laporan ini ditemukan tentu ada cahaya cerah bagi pengguna yang sering kesulitan memanfaatkan Google Assistant. Dengan mendekompilasi versi terbaru dari aplikasi Google, bagian dari kode mengungkapkan fitur baru yang bisa menjadi faktor paling penting untuk asisten digital Google semakin berguna.

Pengenalan suara yang dipersonalisasi dilaporkan akan meningkatkan kemampuan asisten digital sehingga bisa lebih baik dalam mengenali kata dan nama pengguna yang sering digunakan Rekaman audio di perangkat pintar milik pengguna membantu Asisten Google mengenali ucapan pemiliknya dengan lebih baik.

Audio tetap ada di perangkat ini dan dapat dihapus kapan saja dengan menonaktifkan pengenalan ucapan yang dipersonalisasi. Ada pun cara tersebut nampaknya merupakan bagian dari sistem Google yang mengandalkan pembelajaran campuran.

Google dengan kecerdasan buatannya mempelajari cara menyesuaikan model dari data suara, dan mengirimkan ringkasan perubahan model ke server Google.

Ringkasan ini dikumpulkan di banyak pengguna untuk memberikan model yang lebih baik bagi semua orang. Jika ini membuahkan hasil, itu bisa sangat menarik, karena meminta Asisten Google mempelajari pola bicara pengguna dapat sangat meningkatkan pengalaman.

Meski demikian belum diketahui secara tepat kapan fitur ini akan dirilis dan bisa digunakan oleh semua pengguna Google.

sumber: Antara

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker