Mahyudin Harapkan MTQ ke-43 Kaltim Jadi Momen Tingkatkan Kecintaan pada Alqura

Abadikini.com, SAMARINDA – Musabaqah Tilawatil Quran MTQ ke-43 tingkat Kalimantan Timur (Kaltim) dibuka, Senin (23/5). Ribuan kafilah dari 10 kabupaten/kota akan bertanding di 16 cabang perlombaan. Kota Samarinda pun menjadi tuan rumah pada edisi kali ini.

Wakil Ketua DPD RI Mahyudin berharap, MTQ ke-43 Kaltim menjadi momentum untuk meningkatkan kecintaan pada Alquran. Selain menjadi media dakwah dan syiar keagamaan yang efektif, kata dia, MTQ juga terbukti mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan di daerah.

“Kepada para qari dan qariah, saya ucapkan selamat bertanding. Semoga melalui ajang ini, dapat lebih meningkatkan kecintaan kita terhadap Alquran, serta melahirkan generasi Qurani yang berprestasi di tingkat nasional dan internasional,” kata Mahyudin dalam keterangan, Rabu (25/5/2022).

Mahyudin menambahkan, selain memantapkan nilai-nilai Alquran, MTQ juga dinilai mampu menguatkan kerukunan di Bumi Mulawarman. Di samping itu menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan semangat bagi generasi muda khususnya, dan juga umat Islam lainnya untuk memacu membaca, menghafal, mempelajari, dan mengamalkan ajaran Alquran dalam kehidupan sehari-hari.

“MTQ bukan hanya menjadi rutinitas tahunan dan seremonial saja. Karena, dengan adanya MTQ diharapkan masyarakat, khususnya umat Islam lebih mencintai Alquran. Alquran tidak hanya menjadi pajangan di rumah atau di lemari, namun harus dibaca dan dipahami isinya dengan baik, serta diamalkan dalam kehidupan di dunia ini,” harapnya.

MTQ ke-43 Kaltim digelar di Kota Tepian, 21-29 Mei 2022. Kegiatan tersebut dipusatkan di GOR Segiri, serta 10 venues lainnya dengan melombakan 16 cabang perlombaan. Nantinya, juara di tiap cabang perlombaan akan mewakili Benua Etam pada ajang MTQ tingkat nasional.

“Sekali lagi saya ingin mengucapkan, selamat bertanding untuk para kafilah 10 kabupaten/kota se-Kaltim. Tetap patuhi protokol kesehatan,” tutup Mahyudin.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker