Lewat IKKSN, Warga di Sungai Nanam Kompak Bangun Nagari

Abadikini.com, SOLOK – Warga yang berasal dari Nagari Sungai Nanam Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok sepakat untuk berpartisipasi membangun nagari. Hal itu tercermin dalam acara Halal Bihalal Perkumpulan Ikatan Keluarga Kenagarian Sungai Nanam (IKKSN) di Bekasi, 23 Mei 2022.

Hadir dalam kegiatan itu antara lain Ketua IKKSN Salmanir Dt. Bandaro beserta jajaran pengurus pusat IKKSN, perantau Sungai Nanam se-Jabodetabek dan Wali Nagari Sungai Nanam serta Pengurus Yayasan Generasi Peduli Kenagarian Sungai Nanam.

Dalam acara tersebut, Salmanir Dt. Bandaro mengatakan IKKSN akan terus berkontribusi dalam membangun Nagari Sungai Nanam. “Ini bentuk kepedulian kita bersama pada kampung halaman kita,”ungkap Salmanir.

Datuak Kaum suku Kutianyie Lipek Pageh itu juga mengatakan bahwa saat ini Nagari Sungai Nanam memerlukan sumberdaya manusia yang kuat. Kata dia, ketika infrastruktur di nagari sudah ada, tanpa SDM yang kuat, hal itu menjadi tidak seimbang. Oleh karena itu menurut Salmanir diperlukan hubungan kerjasama yang berkelanjutan antara perantau dan pemerintah nagari agar partisipasi masyarakat dalam memajukan nagari makin kokoh.

Mendengar hal itu, Delfi S.Sos selaku wali Nagari Sungai Nanam yang ikut hadir dalam halal bihalal itu mengucapkan terimakasih pada IKKSN. Dia juga mengatakan kalau masalah infrastruktur dapat di akomodir oleh pemerintah nagari, namun soal kemajuan SDM di nagari memang sangat diharapkan partisipasi semua pihak sehingga nagari yang dipimpinnya dapat berkompetisi dan bersaing dengan nagari lain. “Saya mengucapkan terimakasih atas partisipasi IKKSN dalam membangun nagari. Tidak lupa, ucapan terimakasih buat Ketua BPN, Ketua KAN, Pengurus Masjid dan Musalla serta unsur Pemuda di Nagari yang proaktif membangun kampung halaman kita. Hubungan kerjasama Pemerintah Nagari dan Perantau memang sangat diperlukan agar informasi kemajuan nagari bisa sampai ke warga yang ada di rantau,”terang pria 43 tahun tersebut.

Sementara itu, Ketua YGPSN, Masriwal Malin Bagindo, S.A.P dalam kesempatan itu melaporkan bahwa saat ini di nagari sudah berdiri banyak organisasi dan komunitas sosial yang berkontribusi membangun nagari. Ia juga mengatakan, sejak YGPSN didirikan tahun 2019 sudah banyak melakukan kegiatan yang berguna bagi masyarakat setempat, antara lain; melakukan aksi sosial, bedah rumah, bantuan berobat dan biaya hidup, bantuan kursi roda, bantuan sembako, pengurusan BPJS serta layanan kesehatan dan lain sebagainya. Meski sudah banyak memberi bantuan kepada warga, saat ini yayasan yang dipimpinnya belum memiliki kantor yang representatif dan kendaraan operasional. “Selain itu, SDM Yayasan juga masih kurang. Meski demikian, kami bersama Pembina dan jajaran Pengurus YGPSN optimis bisa melengkapi kekurangan yang ada itu,”ucap Masriwal yang dibenarkan oleh Pembina YGPSN, Mulyono., S.C didampingi Dewan Pengawas, Almasra., S.Pd

Untuk diketahui, IKKSN adalah perkumpulan yang menjadi wadah bagi masyarakat nagari di perantauan. Anggotanya terdiri dari warga sungai nanam dari beragam profesi, antara lain pedagang, pengusaha, TNI dan POLRI, serta PNS. IKKSN sendiri sejak berdiri sudah banyak melakukan aksi-aksi sosial untuk kemajuan nagari.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
planet128 rawit128 planet128 turbo128 planet128 rawit128 cahaya128 rawit128 planet128 rawit128