Tatap Muka dengan Perkumpulan Batak, Pangdam: Dimana Bumi Dipijak Disitu Langit Dijunjung

Abadikini.com, AMBON – Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Richard Tampubolon  menghadiri acara halal bi halal Pengurus Pusat Pardomuan Batak Provinsi Maluku, yang diselenggarakan di Auditorium Universitas Pattimura, Ambon, Sabtu (21/5/2022).

Acara yang mengusung tema “Melalui Semangat Falsafah Adat Dalihan Na Tolu, Sucikan Hati dalam Indahnya Kebersamaan dan Keragaman Silaturahmi Antar Warga Batak dan Keluarga di Perantauan” dihadiri oleh sekitar 500 orang suku Batak dari berbagai marga dan paguyuban. Acara ini tidak terbatas pada orang yang bersuku Batak saja, namun juga turut mengundang masyarakat muslim dan komponen masyarakat lainnya sebagai wujud keberagaman.

Pangdam berkesempatan menyampaikan sambutan sekaligus bercengkerama menyapa para tamu yang hadir, Pangdam mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah menyelenggarakan acara ini.

“Kita masyarakat Batak yang juga masyarakat Maluku haruslah selalu adaptif, dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung. Apapun tradisi dan kebiasaan disini harus kita junjung,” kata Pangdam.

Lebih lanjut, Pangdam juga mengucapkan terima kasih atas dukungannya terhadap Kodam XVI/Pattimura, utamanya dalam rangkaian HUT Kodam XVI/Pattimura.

“Persoalan suku, agama dan ras di Maluku harus sudah selesai. Jangan ada tembok penghalang diantara kita, harus ingat Bhineka Tunggal Ika sebagai pondasi bangsa, untuk merangkai , mengikat Indonesia. Meski berbeda- beda, kita tetap satu dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia” tegas Pangdam diikuti tepuk tangan para tamu.

Pardomuan tersebut juga dimeriahkan dengan tari- tarian adat Batak seperti Tari Tor- Tor, juga Hadrat dari Negeri Laha dan kehadiran Trio Ambisi, musisi dari Medan.

Beberapa pejabat yang turut serta hadir diantaranya, Danlantamal IX/Ambon, Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, Kajati, Ketua MUI Ambon, dan Kabintaljarahdam.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker