China Akan Luncurkan Teleskop Luar Angkasa Pertama pada 2023

Abadikini.com, JAKARTA – China dilaporkan segera meluncurkan teleskop antariksa raksasa pertamanya. Telekop ini dinilai bakal menjadi saingan teleskop Hubble milik NASA.

Dilansir dari Space, Sabtu (21/5/2022), teleskop China tersebut rencananya diluncurkan pada akhir 2023.

Teleskop ini, nantinya digunakan untuk meneliti galaksi yang jauh, dan mengungkap misteri tentang materi gelap dan energi gelap.

Teleskopnya sendiri, akan diberi nama The Chinese Space Station Telescope (CSST).

Digadang-gadang, kemampuannya bakal melebihi teleskop yang selama ini diandalkan dunia, yakni Hubble sebagai milik NASA.

Wakil Direktur Observatorium Astronomi Nasional China, Liu Jifeng mengatakan, teleskop CSST nantinya beroperasi dengan mengorbit di ruang angkasa layaknya Hubble.

Teleskop bakal memiliki lensa berdiameter 6,6 kaki (2 meter). Bidang pandang CSST disebut 350 kali lebih besar dari Hubble.
Jika demikian,berarti CSST bisa mengamati bentangan langit yang jauh lebih besar pada satu waktu dibanding Hubble dan akan mensurvei 40 persen bentangan langit dengan kamera 2,5 miliar piksel.

CSST ini, dikatakan bakal menjalankan misi untuk mengamati luar angkasa selama 10 tahun.

Adapun misinya adalah mendeteksi objek seperti komet dan asteroid, mempelajari lubang hitam supermasif, dan secara langsung mencitrakan planet ekstrasurya.

Di negara asalnya, CSST dikenal sebagai “Xuntian,” yang jika diterjemahkan menjadi “mensurvei langit.”

Ia akan beroperasi di orbit yang sama dengan stasiun luar angkasa Tiangong, diharapkan bakal memudahkan astronot untuk melakukan perawatan.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker