Trending Topik

Jokowi Diprediksi dalam waktu dekat akan Lakukan Reshuffle Kabinet

Abadikini.com, JAKARTA – Direktur Eksekutif Lanskap Politik Indonesia (LPI) Andi Yusran memprediksi dalam waktu dekat Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan perombakan kabinet atau reshuffle kabinet.

Salah satu argumentasi politiknya adalah terkait dengan peta pertarungan pemilihan presiden (Pilpres) tahun 2024 mendatang. Jokowi diyakini akan mengganti siapapun menteri yang secara politik tidak sejalan dengan dirinya.

Menurut Andi, Jokowi pasti memiliki desain atau skenario politik untuk memuluskan calon agar mampu merebut kursi kepemimpinan nasional menggantiakn dirinya.

“Artinya menteri-menteri yang diperkirakan tidak sejalan dengan desain Jokowi alias menjadi kompetitor atau pendukung kompetitor dari putra mahkota Jokowi yang akan diganti,” demikian analisa Dosen Universitas Nasional ini seperti dilansir dari RMOL, Jumat (20/5/2022).

Lebih lanjut Andi menjelaskan bahwa posisi Prabowo Subianto dan menteri yang merupakan kader PDIP akan aman. Dasar pandangan Andi, sosok Megawati masih menjadi faktor penting bagi pemerintahan Jokowi.

Dalam pandangan Doktor Politik Universitas Padjajaran ini, justru yang posisinya akan goyang adalah menteri yang berasal dari Partai Nasdem.

“Posisi menteri dari Nasdem yang sepertinya akan goyang karena akan menjadi pendukung kompetitor lain,” prediksi Andi.

Untuk PKB, Andi memprediksi Jokowi akan melihat bagaimana sikap Ketua Umumnya Abdul Muhaimin Iskandar. Apakah akan menjadi barisan politik Jokowi atau justru mendukung kompetitornya.

“Jika¬† tidak (masuk barisan Jokowi) maka akan termasuk barisan yang akan direshuffle,” katanya.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker