BMKG Prakirakan Potensi Hujan Lebat di Sejumlah Wilayah Indonesia

Abadikini.com, JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan potensi turunnya hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di sejumlah wilayah  di daerah Indonesia termasuk beberapa provinsi di Jawa, Kalimantan, Sumatera dan Sulawesi.

Dalam peringatan dini cuaca yang diakses di situs BMKG via Antara dari Jakarta, Selasa (17/5/2022), hujan lebat diprakirakan turun di wilayah Sumatera Barat, Riau, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali serta Nusa Tenggara Barat.

Hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang juga dapat terjadi di daerah Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara dan Papua Barat.

Sementara itu, Kepulauan Riau dan Sulawesi Selatan diprakirakan dapat mengalami hujan dengan intensitas yang lebih ringan dibandingkan wilayah lain.

Khusus untuk wilayah DKI Jakarta, hujan ringan berpotensi terjadi di daerah Jakarta Selatan pada siang hari, sementara wilayah lain berpotensi mengalami cuaca berawan atau cerah berawan.

BMKG juga memperingatkan sejumlah provinsi masuk dalam kategori waspada akan dampak hujan lebat seperti banjir yang berpotensi terjadi di wilayahnya, termasuk di Jawa Barat, Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara Barat.

Kategori waspada juga diberikan untuk wilayah Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker