Tarif Internet dan SMS Naik Selama Libur Lebaran

Abadikini.com, JAKARTA – Operator seluler Smartfren melihat lalu lintas layanan internet dan SMS naik selama mudik dan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

“Momen mudik Lebaran dan Hari Raya Idul Fitri kali ini menjadi berbeda karena masyarakat kembali bisa mudik ke kampung halaman,” kata Wakil Direktur Jaringan Operasi Smartfren Agus Rohmat, dikutip dari Antara Senin (16/5/2022).

Operator seluler tersebut menemukan lonjakan lalu lintas internet hingga 10 persen pada musim libur Lebaran kemarin. Kenaikan juga terjadi untuk layanan SMS, sebesar 8 persen dibandingkan periode libur Lebaran tahun lalu.

Penggunaan layanan panggilan suara juga naik sebesar 25 persen dibandingkan Hari Raya Idul Fitri tahun lalu.

Menurut Agus, lonjakan lalu lintas terjadi di sepanjang jalur mudik dan kota tujuan mudik, terutama di Jawa Barat (10 persen), Jawa Tengah (18 persen) dan Jawa Timur 6 persen.

“Bahkan di beberapa kabupaten di Jawa Tengah dan Jawa Timur kenaikan mencapai diatas 60 persen. Pemicunya antara lain kebutuhan pelanggan untuk mengakses layanan internet di sepanjang perjalanan, dan ketika berada di tujuan mudik,” kata Agus.

Temuan operator seluler tersebut, kenaikan lalu lintas internet dipicu layanan streaming dan media sosial, rata-rata kenaikannya di atas 10 persen.

TikTok dan WhatsApp menjadi dua aplikasi yang paling banyak digunakan pelanggan mereka selama musim libur Idul Fitri, masing-masing sebesar 18 persen dan 13 persen.

Smartfen menggunakan desain full redundant untuk jaringan telekomunikasi dan teknologi switch over agar perubahan kapasitas bisa cepat disesuaikan. Teknologi tersebut juga berguna untuk mempercepat penanganan jaringan sehingga gangguan bisa selesai kurang dari satu jam.

Mereka menyatakan bisa memperkecil jumlah keluhan pelanggan terkait jaringan hingga 60 persen selama libur Lebaran.

sumber: Antara

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker