Apple Mulai Uji Port USB-C Pada iPhone

Abadikini.com, JAKARA – Diberitakan bahwa perusahaan raksasa teknologi yang berbasis di Cupertino, California, Amerika Serikat, Apple sudah mulai menguji iPhone dengan konektor jenis itu. Meski seri iPhone tahun ini masih akan tetap mempertahankan port Lightning.

Pemberitaan Bloomberg mengklaim kalau Apple juga sedang menggarap sebuah adaptor yang memungkinkan iPhone masa depan memiliki port USB-C dengan aksesoris yang didesain untuk konektor Lightning-nya saat ini.

Belum jelas apakah Apple akan membuatnya satu paket dengan ponsel ataukah menjualnya terpisah. Menilik reputasi Apple, kelihatannya pelanggannya harus mengeluarkan uang tambahan untuk adaptor itu.

Salah satu alasan migrasi dari konektor jenis Lightning ke USB-C adalah dorongan di Uni Eropa agar setiap perangkat elektronik berkelengkapan port USB-C. Itu jelas bukan isu bagi para pembuat perangkat Android karena hampir seluruh produk smartpohone atau tablet mereka dalama beberapa tahun belekangan memang telah datang dengan dukungan jenis port yang lebih simpel itu.

Apple memandang regulasi Eropa yang mewajibkan hanya satu tipe konektor untuk seluruh perangkat elektroniknya yang ada di pasaran hanya akan merugikan konsumen di benua itu.

“Karena akan menghambat mereka mendapatkan manfaat dari inovasi-inovasi dalam standar pengisian baterai (charging), termasuk di dalamnya yang berhubungan dengan keselamatan dan efisiensi energi.”

Uni Eropa telah menanggapi dengan membantah inisiatif USB-C menghambat inovasi. “Proposal yang ada menyatakan kalau ada standar baru muncul yang lebih baik daripada USB-C, kami bisa mengadaptasinya,” bunyi pernyataan yang diberikan.

Meski begitu, dengan atau tanpa regulasi itu, pergeseran dari port Lightning ke USB-C memang akan menguntungkan para pengguna iPhone dengan transfer data yang lebih baik dan charging yang lebih cepat.

Apple belum memberikan konfirmasinya atas pemberitaan pengujian iPhone dengan port USB-C. Perusahaan ini pertama memperkenalkan port Lightning yang digunakannya saat ini pada 2012 lalu, dengan produk iPhone 5. Konfirmasi juga belum diberikannya atas rumor pengembangan iPhone yang portless.

Sebelumnya, Ming-Chi Kuo menganalisa kalau iPhone 15 akan menjadi iPhone pertama yang akan menggunakan port USB-C tersebut. Informasi dikumpulkannya dari sumber-sumber di rantai produksi Apple. Rumor Apple akan mengadopsi port ala perangkat Android itu sudah ada sejak 2017 lalu dan Kuo telah beberapa kali menyebutkannya sepanjang tahun ini.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker