InSight Deteksi Gempa Berkekuatan Magnitudo 5 di Mars

Abadikini.com, JAKARTA – Wahana Luar Angkasa InSight Milit NASA mendeteksi adanya gempa berkekuatan magnitudo 5 di Mars. Gempa tersebut merupakan yang terbesar yang pernah dideteksi InSight sejak mendarat pada 2018.

Tidak seperti gempa di Bumi, gempa di Mars yang biasa disebut ‘marsquakes’ diduga disebabkan pendinginan planet itu. Pendinginan menyebabkan kerak Mars lebih rentan dan pecah-pecah.

Dalam menjalankan misinya, InSight dibekali seismometer buatan Prancis. Sejak mendarat InSight diketahui telah mendeteksi lebih dari 1.313 gempa.

Gempa yang baru saja dideteksi InSight memecahkan rekor gempa sebelumnya di angka magnitudo 4,2. Meskipun demikian, kekuatan gempa tersebut masih lebih lemah dibanding gempa yang ada di Bumi.

“Sejak kami memasang seismometer kami pada Desember 2018, kami telah menunggu gempa yang besar. Gempa ini jelas membuktikan pandangan baru ke Mars,” kata Bruce Banerdt selaku Investigator Kepala InSight.

Pendeteksian gempa magnitudo 5 ini merupakan momentum bagi InSight. Pasalnya, sejumlah masalah muncul sejak pertama kali wahana itu diterjunkan.
Salah satu masalah yang muncul terdapat di instrumen InSight yang disebut The Mole. Instrumen serupa bor itu tidak pernah mencapai presisi yang tepat menggali ke dalam Mars.

Akibatnya, NASA memfokuskan InSight untuk misi umum di permukaan. InSight pun sejatinya sudah pensiun pada Desember 2020 dan baru diperpanjang hingga Desember 2022.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker