Ganjar Pranowo tidak Menjabat Gubernur, Elektabilitas bakal Berubah

Abadikini.com, JAKARTA – Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) Ujang Komarudin menilai Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo memang masih menjadi calon potensial dalam survei Pilpres 2024.

Sebat menurut dia, namanya selalu berada di jajaran 3 besar bersama dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Namun demikian, peringkat itu diyakini akan berubah saat Ganjar Pranowo tidak lagi menjabat sebagai gubernur pada tahun depan.

“Ganjar masih bermodalkan salah satu capres 3 besar yang memiliki elektabilitasnya lumayan. Namun ke depan ketika sudah tak menjabat sebagai Gubernur Jateng lagi, bisa saja modalnya kedekatan dengan rakyat. Tapi itu pun masih bias,” kata Ujang dalam keterangan, Kamis (12/5/2022).

Menurut Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) ini, modal Ganjar untuk dekat dengan rakyat saat tidak lagi menjabat sebagai Gubernur sangat bias.

Itu semua bisa dimanipulasi atau dipoles karena hanya dalam rangka membangun citra untuk memepertahankan elektabilitas semu.

“Karena kedekatan dengan rakyat juga bisa dimanipulasi, seperti membangun pencitraan melalui medsos seolah-olah dekat dengan rakyat,” demikian Ujang Komarudin.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker