Selamat, Yusron Ihza Terima Penghargaan Bintang Jasa Order Of The Rising Sun dari Kaisar Jepang

Abadikini.com, TOKYO – Eks Duta Besar Indonesia untuk Jepang Yusron Ihza Mahendra menerima penghargaan bintang jasa Order of the Rising Sun dari Kaisar Jepang pada hari ini, Selasa (10/5/2022) waktu Jepang.

Yusron menerima penghargaan kelas dua, Gold and Silver Star, dari Kaisar Naruhito atas jasanya dalam membangun hubungan baik antara Jepang dan Indonesia.

Bintang jasa ini diberikan pada hari yang sama dengan Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla yang menerima penghargaan tertinggi Grand Cordon.

“Hari ini hari yang istimewa bagi kita semuanya, dua warga negara kita hari ini menerima bintang penghargaan dari Kaisar Jepang,” kata Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi dalam keterangan kepada wartawan, Selasa (10/5).

“Pada siang ini sedang berlangsung adalah pemberian (penghargaan) kepada Bapak Duta Besar Yusron Ihza Mahendra yang mendapatkan bintang Golden and Silver,” ujar Heri dikutip dari Kumparan.

Sebelumnya, Yusron mengaku sangat bersyukur ketika menerima kabar dirinya akan dikalungi penghargaan dari Jepang. Ke depannya ia berharap, hubungan antara kedua negara dapat semakin erat dan bersahabat.

“Saya bersyukur dan bangga atas anugerah bintang jasa itu. Terutama, karena anugerah itu merupakan simbol atau lambang dari banyak hal, antara lain, kepercayaan dan pengakuan,” ungkap Yusron.

Yusron Ihza Mahendra menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Jepang dan Federasi Mikronesia mulai 2013 hingga 2016. Sebelumnya ia mempunyai perjalanan yang cukup panjang di Negeri Matahari Terbit itu.

Setelah lulus dari pendidikan sarjana di Universitas Indonesia, Yusron melanjutkan studi magister dan doktoralnya di Universitas Tsukuba Jepang pada 1991 hingga 1998.

Di Jepang Yusron pun sempat bekerja sebagai koresponden dan kepala perwakilan surat kabar Kompas serta pengamat ekonomi Asia Timur di stasiun televisi NHK. Selain itu, ia juga pernah menjadi Konsultan Politik Departemen Kehakiman Jepang.

Adik dari Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra ini menilai bahwa, penghargaan yang kini ia terima semakin melengkapi catatan perjalanan hidupnya yang terikat erat dengan Jepang.

“Jika mengingat kembali saat-saat saya studi S2 dan S3 di Jepang, bekerja di sana dan kemudian menjadi Duta Besar RI untuk Jepang, maka bintang jasa ini menggenapi catatan sejarah hidup saya dalam kaitan dengan Jepang,” beber Yusron seperti dikutip dari Youtube Yusron Senpai.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker