5 Daftar BANSOS dari Pemerintah yang akan Cair dalam Bulan Ini

Abadikini.com, JAKARTA – Pemerintah bakal kembali memberikan bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat pada Mei 2022.

Adapun pemberian bansos tersebut masih berkaitan dengan kondisi pandemi Covid-19 yang belum reda sepenuhnya.

Melansir dari berbagai sumber, berikut daftar dana bantuan dari pemerintah untuk masyarakat yang akan cair pada bulan ini.

1. BSU

Pemerintah menyampaikan, penyaluran Bantuan Subsidi Upah (BSU) selanjutnya bakal dilakukan dalam waktu dekat, sebagaimana dikutip dari Kompas.com, Selasa 3 Mei 2022.

Bantuan yang awalnya dijadwalkan cair sebelum Lebaran 2022 itu, nantinya akan diberikan kepada para pekerja swasta maupun buruh dengan gaji kurang dari Rp3,5 juta per bulan.

Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Anwar Sanusi mengatakan, pihaknya saat ini masih melakukan finalisasi regulasi dan cek data calon penerima.

“Kalau ini sudah selesai, kami bisa menyalurkan segera. Kami ingin perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporannya sesuai dengan tata kelola yang baik,” kata Anwar.

2. BT-PKLW

Menurut informasi dari situs resmi Kementerian Keuangan (Kemenkeu), program Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung (BT-PKLW) bakal kembali hadir pada tahun ini.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sendiri mengarahkan agar BT-PKLW berlanjut dengan perluasan target penerima hingga kepada para nelayan di daerah pesisir.

Maka dari itu, program bantuannya pun berubah menjadi BT-PKLWN (Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima, Warung, dan Nelayan) dengan besaran Rp600.000/orang untuk 2,76 juta penerima.

Jumlah penerima tersebut terdiri dari satu juta pedagang kaki lima (PKL) dan warung, serta 1,76 juta nelayan.

Lalu, pelaku usaha kelautan dan perikanan yang dapat menerima bantuan itu adalah nelayan buruh, nelayan penangkap ikan tanpa kapal, atau nelayan pemilik kapal kurang dari 5 GT (gross tonase).

3. Kartu Prakerja

Pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 28 resmi dibuka mulai Senin (9/5/2022) pukul 12.00 WIB, melalui lama prakerja.go.id.

Jika lolos seleksi, peserta akan mendapatkan nomor Kartu Prakerja sekaligus dana bantuan senilai Rp1 juta untuk mengikuti sejumlah pelatihan.

Namun, peserta yang lolos dan tidak memilih pelatihan selama 30 hari, maka statusnya dalam kepesertaan Kartu Prakerja akan dicabut.

4. Bansos sembako atau BPNT

Pemerintah berencana menyalurkan dana Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) untuk masyarakat yang terdaftar sebagai penerimanya, sampai Mei 2022.

Besarannya yakni Rp200.000 yang akan disalurkan untuk tiga bulan sekaligus dan digabung dengan Bantuan Langsung Tunai (BLT) minyak goreng senilai Rp100.000 per bulan.

Dengan demikian, penerima BPNT dan BLT minyak goreng bakal menerima total bantuan mencapai Rp900.000.

5. Bansos PKH

Melansir Tribunnews, Senin 9 Mei 2022, penyaluran bansos Program Keluarga Harapan (PKH) Tahap 2 akan berlangsung pada bulan ini hingga Juni 2022.

Bansos PKH diberikan kepada keluarga yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan sesuai kategori penerima PKH menurut Kementerian Sosial (Kemensos).

Untuk bansos PKH tahun 2022, Kementerian Sosial (Kemensos) menggelontorkan anggaran sebesar Rp28,7 triliun. Dana ini akan disalurkan kepada 10 juta penerima manfaat PKH.

Para penerima manfaat dapat mengetahui pencairan bansos PKH dengan melakukan pemeriksaan secara berkala. Salah satunya melalui situs cekbansos.kemensos.go.id.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker