Presiden Jokowi Silaturahmi dengan Wapres Ma’ruf Amin via Panggilan Video

Abadikini.com, YOGYAKARTA – Momen Idulfitri 1443 Hijriah dimanfaatkan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Iriana Joko Widodo untuk bersilaturahmi dengan Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin dan Ibu Wury Ma’ruf Amin. Silaturahmi tersebut dilakukan melalui panggilan video dari Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta, Senin (02/05/2022).

“Assalamualaikum Pak Wapres, kami menghaturkan selamat hari raya Idulfitri, mohon maaf lahir dan batin, saya dan Ibu Iriana,” ucap Presiden Jokowi mengawali perbincangan.

“Ya sama-sama Pak Presiden, saya juga mengucapkan minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir batin,” jawab Wapres di ujung telepon.

“Bapak masih di Yogya?” tanya Wapres.

“Di Yogya, Pak Wapres. Bapak tadi di Istiqlal ya? Saya lihat ramai sekali,” jawab Presiden.

Presiden dan Wakil Presiden kemudian saling bertanya kabar keluarga masing-masing.

Ibu Wury Ma’ruf Amin menanyakan langsung apakah Presiden Jokowi dan Ibu Iriana sudah berkumpul dengan cucu-cucu.

“Cucu-cucu sudah kumpul?” tanya Ibu Wury.

“Belum, belum, besok pagi,” jawab Presiden dan Ibu Iriana kompak.

“Bapak sudah kumpul semuanya?” tanya Presiden kepada Wapres dan dijawab bahwa keluarga Wapres akan berkumpul pada sore hari nanti.

“Oh nanti sore. Terima kasih Pak Wapres. Selamat pagi, assalamualaikum,” ujar Presiden mengakhiri percakapan.

Silaturahmi ke Keraton Yogyakarta

Di momen hari raya ini, Presiden dan Ibu Iriana serta putra bungsunya Kaesang Pangarep juga bersilaturahmi dengan Sultan Hamengkubuwono X, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas, dan seluruh keluarga Keraton Yogyakarta, di Keraton Yogyakarta.

“Iya ini pertama karena saya Idulfitri saat ini berada di Yogya, tentu saja pertama kali yang kami kunjungi untuk silaturahmi dan menghaturkan selamat hari raya, mohon maaf lahir dan batin, kepada Bapak Sultan Ngarso Dalem beserta Ibu Ratu dan keluarga,” ujar Presiden Jokowi dalam keterangannya selepas pertemuan.

Tiba sekitar pukul 09.10 WIB, Presiden dan Ibu Iriana langsung disambut oleh keluarga Keraton Yogyakarta di gerbang depan untuk kemudian masuk menuju area dalam keraton. Presiden mengatakan pertemuan berlangsung dalam suasana yang sangat baik.

“Semuanya berjalan dalam suasana yang sangat baik, alhamdulillah,” ucapnya.

Senada, Sultan Hamengkubuwono X juga mengatakan bahwa perbincangan diisi dengan hal-hal yang ringan. Menurutnya, pertemuan tersebut utamanya adalah untuk bersilaturahmi.

“Bagi saya kita silaturahmi, tidak ada hal-hal yang dibicarakan yang urgent, maupun yang penting. Politik, ekonomi, nggak. Kita silaturahmi,” tutur Sultan.

Sekitar pukul 09.35 WIB, Presiden Jokowi dan keluarga pun berpamitan meninggalkan Keraton Yogyakarta untuk kemudian kembali ke Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta.

Dalam pertemuan tersebut, hadir sejumlah anak dan menantu Sultan Hamengkubuwono X, yakni GKR Mangkubumi, GKR Condrokirono, GKR Maduretno, GKR Hayu, GKR Bendoro, KPH Yudanegara, KPH Notonegoro, dan KPH Purbodiningrat.

Sumber Berita
Setkab

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker