Gubernur Anies Imbau Warga Tiba Pukul 06.00 untuk Shalat Idul Fitri di JIS

Abadikini.com, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau warga tiba lebih awal pada Senin (2/5/2022) sekitar pukul 06.00 WIB untuk menunaikan Shalat Idul Fitri 1443 Hijriah di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara.

Karena Anies menuturkan pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1443 Hijriah di JIS akan dimulai pada pukul 07.00 WIB.

“Shalat Idul Fitri besok memang dimulai jam 7 pagi, tetapi kami menganjurkan sudah sampai di lokasi pukul 6 sehingga bisa sama-sama duduk tenang, takbir sampai jam 7 pagi ketika Shalat Id dimulai,” kata Anies usai merayakan malam takbiran di JIS, Minggu (1/5/2022) malam, seperti dikutip dari Antara.

Anies mengatakan bahwa setelah rangkaian khutbah dan Shalat Id selesai, masyarakat diizinkan untuk masuk dan berkeliling ke bagian dalam stadion, termasuk lapangan rumput sebelum mereka pulang.

Pemprov DKI Jakarta pun tidak memberikan batasan waktu kepada masyarakat yang ingin berkeliling di area bagian dalam stadion berkapasitas 82.000 orang itu.

“Tidak ada batasan khusus tapi yang jelas masuknya bertahap. Jadi nanti akan ada pintu masuk ke dalam stadion, muter sambil berjalan ke luar nanti turunnya dari bawah dekat rumput langsung ke lantai parkir,” ujar Anies.

Sebagai informasi, Ketua Bidang Dakwah dan Ukhuwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, Muhammad Cholil Nafis ditunjuk menjadi khatib pada Shalat Idul Fitri 1443 Hijriah di Jakarta International Stadium (JIS).

Kepala Bagian Mental Spiritual Biro Pendidikan dan Mental Spiritual (Dikmental) Pemprov DKI Jakarta Aceng Zaini menjelaskan tema Shalat Id pertama di JIS yakni “Spirit Fitrah untuk membangun kesalehan”.

Sementara itu, yang akan menjadi imam shalat adalah juara nasional Tilawah dewasa putra MTQ Nasional 2018, Ustadz Heri Kuswanto.

Pemprov DKI Jakarta menyiapkan sekitar 20 ribu kapasitas untuk menampung jemaah yang akan melaksanakan Shalat Idul Fitri 1443 Hijriah di Jakarta International Stadium (JIS).

Para jemaah juga diimbau untuk membawa peralatan shalat pribadi, membawa kantong ramah lingkungan untuk menyimpan sandal atau sepatu.

Selain itu, jemaah tidak diperkenankan membawa koran karena dapat menjadi sampah setelah shalat dan tetap memakai masker serta menerapkan protokol kesehatan selama kegiatan berlangsung.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker