Kompak, Kemenag, Muhammdiyah, NU dan Persis Gelar Lebaran Idulfitri Senin 2 Mei Besok

Abadikini.com, JAKARTA – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Kementerian Agama memutuskan 1 Syawal 1443 Hijriah jatuh pada Senin (2/5/2022). Keputusan itu diambil usai hilal atau bulan baru terlihat di sejumlah wilayah Indonesia hari ini.

Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf mengatakan berdasarkan pantauan di sejumlah daerah, beberapa daerah melaporkan melihat hilal atau bulan baru.

“Berarti bahwa hari ini akhir dari Ramadan tahun ini dan besok pagi kita bisa menikmati Idulfitri dan untuk itu akan saya bacakan surat ikhtar resmi atas nama PBNU,” kata Yahya dalam Rukyatul Hilal Awal 1 Syawal 1443 Hijriah, Minggu (1/5).

Keputusan itu juga dituangkan dalam surat resmi PBNU. Surat itu ditandatangani Rais Aam PBNU Miftachul Akhyar, Katib Aam Ahmad Said Asrori, Ketum PBNU Yahya Cholil Staquf, dan Sekjen PBNU Saifullah Yusuf.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan dalam melaksanakan sidang Isbat, Kemenag selalu menggunakan dua metode yakni hisab yakni dengan cara perhitungan dan rukyat atau melihat langsung keberadaan hilal.

“Dengan dua hal tersebut yakni hisab posisi hilal seluruh Indonesia sudah di atas ufuk serta laporan hilal yang sudah terlihat, secara mufakat tadi sidang isbat menetapkan bahwa 1 Syawal 1443 Hijriah jatuh pada hari Senin, tanggal 2 Mei 2022,”ujar Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dikutip dari YouTube Kemenag, Minggu (1/5/2022).

Dengan keputusan ini maka warga NU, Muhammdiyah, Persis dan seluruh ormas Islam kompak merayakan hari kemenangan secara kebersamaan pada senin 2 Mei besok .

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker