Genjot Percepatan Vaksinasi, Upaya Kodam Pattimura Jamin Mudik Aman dan Sehat

Abadikini.com, AMBON – Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Richard Tampubolon memerintahkan para jajarannya untuk terus-menerus melaksanakan percepatan vaksinasi Covid-19 secara maksimal di bulan Ramadhan 1443 Hijriah /2022 M sebagai salah satu upaya memberikan jaminan rasa aman dan sehat bagi masyarakat, khususnya yang melaksanakan mudik ke kampung halaman.

Upaya ini dilakukan dalam rangka untuk terus meningkatkan jumlah masyarakat yang divaksin, sekaligus menekan kemungkinan terjadinya kenaikan angka kasus penularan Virus Corona di beberapa daerah di Provinsi Maluku dan Maluku Utara. Penegakan protokol kesehatan dan percepatan vaksinasi merupakan salah satu langkah strategis yang bisa dilakukan jajaran Kodam XVI/Pattimura dalam membantu mencegah dan  mengendalikan angka penyebaran kasus Covid-19 khususnya menghadapi momen mudik lebaran dan perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Menyikapi hal tersebut, kegiatan vaksinasi juga dilakukan secara mobile di pusat-pusat keramaian masyarakat agar semakin banyak warga yang divaksin. Kegiatan vaksin juga dilakukan saat malam hari mengingat situasi Ramadhan banyak masyarakat yang melaksanakan ibadah puasa.

Kapendam XVI/Pattimura Kolonel Arh Adi Prayogo menuturkan, Tim Vaksinator Kodam XVI/Pattimura dengan menggandeng Instansi-Intansi terkait memanfaatkan momentum Bulan Ramadan untuk menggencarkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Menurut Kapendam,  percepatan ini dilakukan guna mendukung kebijakan pemerintah yang mengijinkan mudik lebaran tahun ini. Dengan diperbolehkannya mudik di Hari Raya Idul Fitri tahun ini, yang mana syarat perjalanan mudik bagi masyarakat harus telah vaksinasi lengkap dosis satu dan dua, serta vaksin booster dosis tiga.

“Memang salah satu kendala yang dihadapi pada Bulan Ramadhan ini adalah minat masyarakat yang agak menurun karena melaksanakan puasa, namun hal ini dapat diantisipasi dengan Vaksin Mobile Door to Door atau Jemput Bola yang dilakukan usai berbuka puasa hingga malam hari,” ujar Kapendam.

Berdasarkan data yang dilaporkan sampai hari ini, Kamis (28/4/2022) untuk wilayah Korem 151/Binaiya pencapaian vaksin harian mencapai 1.204 orang dengan rincian dosis pertama 252 orang, dosis kedua 430 orang dan dosis ketiga 522 orang. Sedangkan di wilayah Korem 152/Baabullah pencapaian vaksinasi harian mencapai 1.880 orang dengan rincian dosis pertama 268 orang, dosis kedua 674 orang dan dosis ketiga 938 orang. Sehingga total prosentase  perolehan vaksin pertama sebesar 72,64%, vaksin kedua sebesar 43,4% dan vaksin ketiga sebesar 10,83% di Maluku. Sedangkan di Maluku Utara, prosentase vaksinasi pertama sebesar 73,86%, vaksin kedua sebesar 44,69% dan vaksin ketiga sebesar 15,86%. Terjadi kenaikan yang cukup signifikan selama bulan Ramadhan ini.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker