Yusron Ihza Dapat Bintang Jasa dari Jepang

Abadikini.com, JAKARTA – Jasa Yusron Ihza Mahendra untuk mempererat hubungan antara Indonesia dan Jepang semakin diakui. Pemerintah Jepang bahkan akan menganugerahkan penghargaan tinggi kepada Yusron Ihza.

Lewat keterangan pada Jumat (29/4), Kementerian Luar Negeri Jepang mengumumkan dianugerahkannya Bintang Jasa “The Order of The Rising Sun, Gold and Silver Star” untuk Yusron.

Dikatakan, penghargaan tersebut diberikan atas kontribusi Yusron dalam memperkuat hubungan bilateral dan mempromosikan pertukaran parlemen antara Jepang dan Indonesia.

Yusron sendiri merupakan Duta Besar RI untuk Jepang periode 2014-2016. Ia juga pernah menjabat sebagai Ketua Liga Parlemen Jepang-Indonesia.

Adapun upacara penganugerahaan akan dilaksanakan di Istana Kaisar, Tokyo, pada 10 Mei mendatang.

“Saya bersyukur dan bangga atas anugerah bintang jasa itu. Terutama, karena anugerah itu merupakan simbol atau lambang dari banyak hal. Antara lain, kepercayaan dan pengakuan,” ujar Yusron seperti dikutip Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (29/4/2022).

Yusron mengatakan, penganugerahaan bintang jasa tersebut telah menggenapi catatan sejarah hidupnya yang berkaitan dengan Jepang. Mengingat ia juga menempuh studi S2 dan S3 di Jepang pada 1990 hingga 1997.

“Alhamdulillah. Saya berharap saya akan dapat terus berkontribusi dalam hubungan kerjasama Indonesia dan Jepang,” tambahnya.

Lebih lanjut, Yusron mengaku sudah mendapatkan ucapan selamat dari Menteri Luar Negeri Jepang Hayashi Yoshimasa, mantan Perdana Menteri Jepang Yasuo Fukuda, dan Duta Besar Jepang di Indonesia Kenji Kanasugi.

Ia juga mendapat karangan bunga besar dari AEON Group Indonesia.

Selain Yusron, ada dua tokoh Indonesia lain yang mendapatkan penghargaan bintang jasa dari Jepang, yaitu mantan Presiden Jusuf Kalla yang mendapatkan “Grand Cordon of the Order of the Rising Sun” dan Sultan Hamengkubowono yang mendapatkan “The Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star”.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker