Megawati: Keberadaan BRIDA untuk Perkuat BRIN

Abadikini.com, JAKARTA – Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Megawati Soekarnoputri menyebut pembentukan Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) untuk memperkuat riset dan inovasi di seluruh wilayah Indonesia.
BRIDA terbentuk sebagai salah satu amanat dari UU 11/2019 tentang Sistem Nasional Iptek dan Perpres 78/2021 tentang BRIN.
“Kalau bisa segera dibentuk BRIDA bukan untuk intervensi tapi back up berbagai daerah di Indonesia,” kata Megawati dalam acara Kick Off Pembentukan BRIDA disiarkan secara virtual , Rabu (20/4/2022).
Megawati mengatakan setiap daerah memiliki potensi yang sangat besar yang tidak mungkin disebut satu persatu. Maka dari itu riset untuk ekonomi daerah harus disegerakan untuk mengembangkan potensi-potensi yang ada.
Sementara itu, Kepala BRIN Laksana Tri Handoko menyebut BRIDA dibentuk untuk mempersatukan riset dan inovasi di Indonesia.
“BRIDA merupakan mitra di daerah yang memiliki arti penting untuk membantu penguatan pengambilan kebijakan berbasis riset, serta penguatan ekosistem riset dan inovasi bisa terjadi di seluruh level pemerintah, baik pusat maupun daerah, serta masyarakat luas,” ujar Handoko.

Lebih lanjut, Handoko mengungkapkan BRIDA, until menjembatani riset dan inovasi antara daerah dan pusat yang berada dalam payung BRIN. BRIDA diharapkan sebagai solusi menyelesaikan berbagai masalah yang cukup kompleks di daerah.

“Karena itulah, BRIDA mempunyai tugas strategis yakni memberikan berbagai data dan analisis yang diperlukan dalam menghasilkan sebuah kebijakan, agar seluruh kebijakan di daerah yang ada berbasis hasil riset yang komprehensif (science based policy),” ungkap Handoko.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker