Sindir Konsep Sedekah ala Yusuf Mansur seperti Merampok, Buya Yahya: Nabi tidak Mengajarkan Begitu

Abadikini.com, JAKARTA – Ustadz Yusuf Mansur menjadi perbincangan publik. Ceramahnya berisikan sedekah menuai kontroversi.

Buya Yahya ikut memberikan komentar soal heboh ceramah konsep bersedekah dari Ustaz Yusuf Mansur. Buya Yahya menilai konsep sedekah yang diutarakan Yusuf Mansur tidak diajarkan oleh Rasulullah SAW.

“Kemudian ‘jika kau pria siapa yang begini kemudian berinfaq pahalanya begini, bersedakahlah begini’ itulah cara nabi. Bukan menunjuk ‘ente, kasih sedekah ya,”.

“Cincinmu bagus jual ya’ nggak ada begitu. Nabi tidak mengajarkan begitu” kaya Buya Yahya yang tayang di Youtube dilihat Minggu (17/4/2022).

Buya Yahya juga menyebut ajakan sedekah yang disampaikan Yusuf Mansur seperti merampok dan takut menimbulkan rasa tidak ikhlas pada pemberi sedekah.

“Itu bikin orang lari dari kebaikan jika dengan cara menunjuk, meminta. Itu seperti merampok, rampok pakai malu itu. Rampok kan pakai pedang dengan rasa malu, kalau nggak ngasih kan malu,” ujarnya.

Buya Yahya menjelasakan, Nabi Muhammad SAW mengajarkan sedekah dengan cara memberikan imbauan, bukan dengan unsur paksaan.

Menurut Buya Yahya, kala itu Nabi memberikan imbauan yang baik kepada seseorang untuk menolak bencana maupun dosa dengan cara bersedekah.

“Nabi menyebutkan lagi untuk menolak bencana dan dosa adalah banyaklah bersedekah. Diberi imbauan begitu langsung bersedekah,” ujar Buya Yahya.

Menurutnya, pemaksaan dalam bersedekah justru hanya akan membuat seseorang lari dan enggan berbuat kebaikan.

“Itu bikin orang lari dari kebaikan kalau dengan cara menunjuk, meminta,” tuturnya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker