Bakamla RI dan Maritime Security Command Singapore Bahas Isu Oil Spill

Abadikini.com, BATAM Kantor Kamla Zona Maritim Barat dan Maritime Security Command Singapore sepakat untuk melaksanakan kerja sama dalam hal mengatasi tumpahan minyak (Oil Spill) yang sering terjadi di perairan Bintan melalui pertukaran informasi pada puskodal Bakamla RI dengan Information Fusion Centre (IFC) yang dimiliki Singapore.

Hal tersebut disepakati oleh oleh Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Barat Laksma Bakamla Hadi Pranoto dengan Deputy Commander Marsec Republic of Singapore Navy COL Rinson Chua saat melaksanakan pertemuan di Kantor Kamla Zona Maritim Barat, JL. RE Martadinata No. 16, Sekupang, Kota Batam, Kemarin.

Pertemuan yang berjalan sangat akrab dan bersahabat itu membahas tentang informasi keamanan dan keselamatan perbatasan Batam dengan Singapura. Terlebih informasi trend yang saat ini terjadi yakni tumpahan minyak di perairan perbatasan.

Col Rinson Chua menjelaskan bahwa tumpahan minyak yang sering terjadi ini dapat mengganggu aktivitas pariwisata yang sebagian besar pengunjungnya dari warga negara Indonesia.

”Perlu adanya kerja sama dan pertukaran informasi dalam mengatasi dan mencegah masalah ini,” kata Col Rinson Chua.

Dalam pembicaraan itu Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Barat Laksma Bakamla Hadi Pranoto mengharapkan informasi kemaritiman yang dikeluarkan IFC terutama dalam hal oil spill dapat dikomfirmasi kepada Bakamla RI khususnya Kantor Kamla Zona Maritim Barat sehingga berbagai ancaman dan insiden yang ditimbulkan dapat teratasi.

Selain pertukaran informasi juga membahas usulan patroli sektor antara unsur Bakamla Zona Barat dengan Marsec Singapura.

Dari pejabat Kantor Kamla Zona Maritim Barat turut hadir yakni Kepala Bidang Operasi Zona Barat Kolonel Bakamla Djoko Wahyu Utomo, Analis Kebijakan Ahli Madya Kolonel Bakamla Joni Junaidi, Kepala Bagian Umum Zona Maritim Barat Kolonel Bakamla Djoko Prasetyo dan Para Kasubid Zona Maritim Barat.

Kemudian, pejabat RSN yang hadir yaitu Commander Sea Security Group COL Francis Goh, Head Intel MARSEC Command  LTC James Ong, DR Branch Head LTC Jerry Lee, MarSec Command SO1 MAJ Kevindev Singh, MarSec Command SO2 ME5 Eugene Goh, dan Atase Pertahanan Laut Singapura Senior Lieutenant Colonel (SLTC) Tony Wong.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker