Puasa Mampu Merevitalisasi Fungsi Tubuh Seseorang

Abadikini.com, JAKARTA – Anggota DPD RI asal Provinsi Lampung Abdul Hakim mengajak seluruh umat Islam di Indonesia untuk menjalankan ibadah di bulan Ramadhan 1433 H dengan sebaik-baiknya. Menurutnya dengan berpuasa akan merevitalisasi fungsi-fungsi dalam tubuh, fikiran, dan tindakan.

“Puasa ini bisa merevitalisasi fungsi-fungsi dalam tubuh kita. Dengan berpuasa membuat badan kita jadi sehat,” ucap Abdul Hakim saat hadir dalam Youtube Channel Kabar Senator dengan episode Kuliah Ramadhan dalam keterangannya seperti dikutip Rabu (6/4/2022).

Abdul Hakim menambahkan seseorang yang sering melakukan puasa memiliki daya tahan yang tangguh. Lantaran, pusat penyakit semua berasal dari makanan maka penangkalnya adalah dengan puasa. “Dengan puasa nanti disterilkan kembali atau direvitalisasi fungsi tubuh kita. Karena sumber penyakit berasal dari makanan,” imbuhnya.

Terkait dengan berbagai pengobatan seperti tetes mata, hingga himbauan pemerintah untuk vaksin dan booster Covid-19, Abdul Hakim menjelaskan hal tersebut dibolehkan.

“Selama itu untuk pengobatan luar itu tidak membatalkan puasa, kecuali ada zat makanan atau obat yang masuk ke kerongkongan dan dubur maka hal itu membatalkan. Terkait dengan vaksin maka sesuai dengan fatwa para ulama hal tersebut dibolehkan di bulan ramadhan dan tidak membatalkan puasa,” jelas Abdul Hakim.

Anggota Komite IV DPD RI ini juga menjelaskan bahwa puasa bukan hanya untuk kesehatan. Puasa juga dapat merevitalisasi fungsi stabilitas emosional dan fikiran seseorang. “Puasa juga membuat seseorang menjadi empati, penyayang, dan sabar. Jadi manfaat puasa yaitu dapat membuat seseorang sangat luar biasa dan produktif.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker