Toyota Perkenalkan Innova EV Concept di Pameran IIMS

Abadikini.com, JAKARTA – Toyota memperkenalkan mobil konsep listrik yang bakal jadi fondasi mobil listrik murni (battery electric vehicle/BEV), Innova EV.

Innova EV Concept telah diperkenalkan di pembukaan Indonesia International Motor Show (IIMS) pada Kamis (31/3).

Desain eksterior mobil konsep listrik ini terlihat mirip Innova konvensional yang muat tujuh penumpang, tetapi punya berbagai penguat identitas mobil tanpa knalpot.

Perbedaan paling menyolok yaitu desain tertutup pada bagian grill, ini karena mobil listrik tak butuh jalur udara untuk menyuplai mesin bakar.

Grill dibuat menyatu dengan kedua lampu depan yang kelihatannya mirip Innova konvensional.

Meski begitu ada detail tambahan yaitu aksentuasi biru, yang biasa digunakan sebagai penanda mobil listrik, yaitu di LED bagian bingkai lampu depan dan belakang, serta pada logo Toyota di tengah grill dan pintu belakang.

Kepastian identitas Innova EV Concept sebagai mobil listrik juga dikukuhkan emblem ‘Electric’ yang ada di pintu belakang.

Selain itu Toyota juga terlihat membumbui kabin dengan sejumlah elemen mobil listrik, misalnya informasi baterai pada headunit dan indikator serupa pada instrument cluster. Detail lainnya ada logo ‘Innova EV’ pada headrest.

Sejauh ini belum ada pernyataan resmi dari Toyota Indonesia soal platform yang digunakan Innova EV Concept, apakah berbasis Toyota New Global Architecture (TNGA) atau modifikasi International Multi-purpose Vehicle (IMV). IMV adalah platform yang digunakan Toyota untuk mendesain Innova saat ini dan juga SUV Fortuner serta pikap Hilux.

Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menyebut mobil konsep ini ‘study car’ yang tujuannya mengembangkan kemampuan insinyur Indonesia di bidang elektrifikasi.

“Dengan memilih model lokal, ekosistem industri otomotif yang sudah ada dapat dijaga dan juga mampu mengembangkan rantai pasokan baru untuk beradaptasi dengan teknologi elektrifikasi. Lewat kolaborasi bersama dengan OEM [Original Equipment Manufacturer] lainnya, Toyota Indonesia dapat mempercepat terciptanya ekosistem BEV di Indonesia,” tulis TMMIN dalam keterangan resminya.

Toyota Indonesia sudah memperkenalkan 10 model elektrifikasi di dalam negeri, terdiri dari 8 Hybrid Electric Vehicle (HEV), satu Plug-in Electric Vehicle (PHEV), dan satu BEV merek Lexus.

Versi produksi massal Innova EV Concept kemungkinan besar jadi mobil listrik pertama yang diproduksi Toyota di Indonesia.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker